Test Ride : Suzuki GSX-S150, Nyaman dan Lincah!

0
867

Perjalanan Suzuki di Indonesia, boleh dibilang seperti naik dan turun gunung. Sempat populer dengan model Satria nya di tahun 2000 an hingga tahun 2014 akhir, Suzuki nampak terlihat diam di temnpat dengan hanya mengandalkan sepeda motor ayam jago nya yang melegenda yaitu Satria FU 150.

Tetapi itu adalah masa lalu, karena di tahun 2017 ini Suzuki baru saja mengeluarkan gebrakan baru di divisi roda duanya. Mereka baru saja mengeluarkan dua sepeda motor terbarunya yaitu GSX-R150 (fairing) dan GSX-S150 (naked). Awalnya target yang dipasang oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W selaku ATPM motor Suzuki di Indonesia memang tidak muluk muluk. Mereka hanya berharap keduanya terjual sekitar 1.500 unit per bulan. Namun ternyata respon pasar berkata lain, sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2017 hingga 31 Maret 2017, sebanyak 12.173 unit telah berhasil dijual oleh Suzuki. Total penjualan sebanyak 12.173 unit itu didapat dari penjualan GSX-R150 berjumlah 7.668 unit dan GSX-S150 sebanyak 4.505 unit. Angka yang fantastis tentunya mengingat Suzuki baru bangun dari tidur panjangnya.

WhatsApp Image 2017-04-09 at 17.06.39

Hal ini tentunya tidak terlepas dari kualitas, harga dan performa kedua motor tersebut. Kebetulan pada minggu lalu, SIS baru saja memberikan kesempatam kepada kami untuk mengetes model GSX-S150 (naked) untuk touring ke puncak pass. Seperti apa impresi kami? Yuk ikuti terus!

First Riding Impression

Riding GSX

Saat kami pertamakali mencoba mengendarai Suzuki GSX-S150 ini, kesan yang pertamakali kami dapatkan adalah, sepeda motor ini memliki distribusi bobot dan berat yang ringan. Hampir semua aspek di dalam sepeda motor ini ringan dan mudah dioperasikan. Namun begitu, meskipun terasa ringan ia terasa cukup mantap dan stabil di jalan tidak rata. Posisi stang pada GSX-S150 ini juga nyaman walaupun terasa kurang lebar, namun untuk penggunaan harian menurut kami cukup pas dan tidak terasa pegal berlebihan.

Engine

Rear GSX

Mesin 150cc DOHC Fuel Injection yang diusung oleh GSX-S150 ini terasa cukup bertenaga. Namun terasa sedikit berbeda dengan kembarannya yang memiliki fairing. Mesin GSX-S150 ini agak terasa lemah di putaran bawah namun kuat di putaran atas, tidak tahu apakah memang disetel seperti itu atau bagaimana, namun yang jelas kami lebih menyukai mesin GSX-R150 yang terasa padat di putaran bawah dan atas.

Touring Impression

Cornering GSX

Melahap jalanan bukit pelangi dan puncak yang berkelok kelok dan lumayan rusak. GSX-S150 ini benar benar bisa diandalkan. Walaupun terasa ringan, bukan berarti motor ini tidak stabil. Kami dengan mudah melakukan swerving dan cornering di jalanan yang berkelok dan tidak rata dengan mudah tanpa rasa khawatir yang berlebihan. Rem nya juga cukup pakem untuk mengehentikan laju motor naked ini dengan mengandalkan double disc brake. Oiya suspensi nya juga lumayan empuk meredam goncangan ketika kami menghajar lubang sehingga nyaman dan mengimbangi tekstur jok nya yang agak keras.

Conclusion

Kesimpulan yang kami dapat saat melakukan touring dengan Suzuki GSX-S150 ini adalah sepeda motor ini merupakan sepeda motor naked yang diracik secara pas oleh Suzuki. Ia ringan tapi stabil, ia bergaya sport namun tetap nyaman dan yang satu lagi, dengan harga promo yang diperpanjang yaitu 23.8 Juta Rupiah ia pantas disebut dengan motor dengan harga kaki lima kualitas bintang lima. Mantap!

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY