Test Ride BMW R1200GS K50: Si Penguasa Jalanan yang Multifungsi (bag.2)

0
189

Dibalik desain dan fitur berlimpah pada BMW R1200GS berkode bodi K50 ini. Tentunya tidak sah apabila spek mesin dan pendukung performa berkendaranya tidak mumpuni.

Engine and Performance

BMW Engine

BMW R1200GS ini dilengkapi dengan mesin berjenis boxer berkapasitas 1.170cc dengan sistem air and water cooling. Untuk tenaga, ia mampu meletupkan 123hp dan torsi sebesar 120nm. Sangat Torqy!. Sedangkan untuk spesifikasi pendukung performa, R1200GS ini menganut sistem suspensi Telelever (suspensi dengan tiga tabung dan model as yang unik) khas BMW di bagian depan dan suspensi Paralever dengan mono arm di bagian belakang. Kedua paket itu lalu ditutup dengan velg 19 inci di bagian depan dan 17 inci di bagian belakang yang diapit dengan cakram Brembo Radially Mounted dan dijepit dengan kaliper Brembo pada bagian depan dan belakang.

Riding Impression

4

Hal pertama yang kami rasakan saat mengendarai sepeda motor ini adalah. Kestabilan dan kelincahannya yang luar biasa.Memencet kunci keylessnya sambil menjalankannya secara perlahan. Walaupun rasanya gambot karena penggunaan stang fatbar yang lebar dan mesin boxer yang keluar di bagian kiri dan kanan, tetapi ketika sudah berjalan dan sudah terbiasa, sepeda motor ini sangat mudah dikendalikan dan ringan karena penggunaan mesin boxer yang memiliki titik keseimbangan yang baik sehingga sepeda motor pun dapat berjalan dengan stabil.

Kebetulan kami mendapatkan unit dengan spesifikasi low suspension yang dimana ia memiliki suspensi yang lebih rendah dibanding versi standarnya. Postur kami yang  memiliki tinggi badan 191cm pun dapat dengan mudah menapak, namun sepertinya untuk tinggi dibawah 180cm harus memesan opsi low seat juga apabila tidak mau jinjit balet.

Posisi duduk pada BMW R1200GS ini sangat rileks dan sangat nyaman!. Karena posisinya yang tinggi pula membuat kami merasa menjadi penguasa jalanan yang siap melibas medan manapun yang ada di depan kami.

Memelintir gas R1200GS juga merupakan sebuah pengalaman yang menarik. Karena karakter mesinnya yang torqy, kami dapat dengan mudah melakukan wheelie walaupun traction control kami nyalakan. Mesinnya juga sangat responsif dan berkarakter sangat menyenangkan, enak diajak kebut kebutan dan tidak jerky saat diajak pelan.

Membelah kemacetan kota dengan BMW R1200GS ini juga lagi lagi juga menjadi pengalaman yang menarik. Dibandingkan dengan moge moge dikelasnya, ia paling menyenangkan karena mesinnya yang tidak terasa panas untuk ukuran mesin 1.200cc dan kestabilan nya yang luar biasa juga  menjadi poin yang menyunggingkan senyum kami ketika membelah kemacetan dengan R1200GS ini.

Offroad Impression

Berdansa di pasir lembut dan menari di bebatuan tampaknya sangat mudah dilakukan dengan R1200GS ini, karakter mesinnya yang tidak brutal serta suspensi telelever dan paralevernya yang lembut tentunya sangat membantu kestabilan dan kenyamanan yang sangat diperlukan di medan tanah ataupun jalanan yang tidak rata.

Conclusion

1

Sepeda motor yang dihargai seharga 663 Juta Rupiah (off the road Jakarta) ini tentunya memiliki sebuah karakter tersendiri yang tidak akan pernah bisa didapatkan pada rival rivalnya. Dengan paduan mesin boxer BMW yang legendaris, geometri desain touring adventure yang tangguh serta suspensi yang sangat nyaman dan mumpuni. BMW R1200GS ini bisa menjadi teman yang sejati jika anda ingin bertualang dan mengikuti jejak Ewan McGregor ataupun si penjelajah wind riders Jeffrey Polnaja “Kang JJ” yang sama sama menggunakan sepeda motor seri ini untuk mengarungi dunia yang liar dan penuh petualangan. Mantap jiwa!

 

 

 

LEAVE A REPLY