Test Ride BMW R1200GS K50: Si Penguasa Jalanan yang Multifungsi (bag.1)

0
455

Sebuah sepeda motor besar yang diciptakan bukan karena keindahan lekuk badannya, bukan juga karena performanya yang mengguncang sukma dan bukan juga karena suara mesinya nya yang gahar. Lantas apa yang bisa dibanggakan? Sepeda motor ini diciptakan untuk ketangguhan, kapabilitas yang tinggi serta kenyamanan. Ya, apalagi kalau bukan sang legenda dari BMW Motorrad. BMW R1200GS K50.

Seperti yang sudah banyak diketahui. BMW R1200GS ini adalah sebuah sepeda motor bergenre touring adventure yang dibuat untuk memenuhi hasrat penjelajah sang penggunanya. Dari dulu, pendahulunya si BMW R80GS, ataupun BMW R1150GS juga dipertahankan dengan mengandalkan mesin Boxer 2 Silinder dan transmisi gardan yang sangat khas.

Kami diberi kesempatan oleh BMW Motorrad Indonesia untuk mengetes sang penguasa jalanan ini. Ada banyak decak kagum yang kami simpan untuk sang legenda dengan mesin boxer horizontalnya ini. Tidak lain dan tidak bukan karena keunikan dan rasa berkendaranya yang tidak bisa tertandingi oleh merk manapun.

Design

2

 

Dari dulu hingga sekarang. R1200GS memang tidak pernah didesain dengan cantik ataupun penuh dengan lekukan bak supermodel Victoria Secret. Melainkan ia didesain dengan fungsional serta mengutamakan ketangguhan. Hal ini terlihat dari penggunaan crash bar yang malang melintang sesuai dengan peruntukannya untuk touring adventure, dan bentuk bodi yang kekar yang berguna untuk menopang pengendaranya dengan paripurna sehingga mumpuni untuk perjalanan antar kota bahkan antar negeri.

Feature

IMG_2950

BMW R1200GS merupakan salah satu sepeda motor dengan fitur paling lengkap yang pernah kami coba. Ia sudah dibekali dengan fitur fitur terkini buatan manufaktur dari Bavaria tersebut yang tentunya menambah keasyikan menjelajah. Seperti misalnya ia sudah menganut Dynamic Suspension ESA yang bisa diatur kekerasan dan ketinggiannya, BMW ABS di roda depan belakang, Traction control with Driving Mode. hingga Cruise Control yang dapat membantu menjaga kecepatan konstan di jalan lurus. Tak lupa, sebuah heated grips pun juga disematkan untuk menjaga tangan pengendaranya tetap hangat di cuaca yang dingin sehingga dapat mencegah Hipotermia. (bersambung)

 

LEAVE A REPLY