Honda CB150R ExMotion: Sosok Café Racer Modern

0
3752

Penggemar motor bergenre Café Racer memang tidak akan pernah surut, tak hanya brand asal Eropa saja yang melansir produk bergaya Café Racer, namun juga pabrikan asal Jepang pun tergiur untuk menyuguhkan motor bergaya sportif tersebut. Tak terkecuali Honda, yang baru saja melakukan debut CB150R ExMotion di Thailand pada 4 September 2017.

Honda CB150R ExMotion merupakan sebuah motor di segmen sport 150 cc yang mengusung bahasa desain Café Racer era modern. DNA dari sebuah motor sport terlihat jelas dari fisiknya yang dinamis. Hal ini adalah serapan dari motor konsep Honda 150 SS Racer yang diperlihatkan pada Bangkok Motor Show 2017 silam. Para desainer Honda yang merancang RC211, RC213V-S, dan CBR600RR, turut menuangkan DNA dari ketiga motor tersebut untuk CB150R ExMotion ini.

2017-Honda-CB150R-Exmotion-Honda-Motorcycle-Thailand_1

Hasilnya tak hanya fisiknya yang mengagumkan, namun juga terbukti menggunakan berbagai material dan komponen yang mutakhir. Rangka baru Inner Pivot Type Diamond Frame, dirancang khusus untuk menghasilkan titik gravitasi yang optimal, sehingga motor lebih stabil sekaligus lincah saat ditunggangi. Guna kepraktisan bagi penggunanya, tutup pengisian bahan bakar model pesawat terbang pada tangki pun diterapkan.

Honda CB150R ExMotion mengusung mesin 150 cc DOHC 4 Valve generasi baru dengan sistem bahan bakar PGM-FI dan telah lolos regulasi emisi gas buang Euro 6. Mesin berpendingin air tersebut juga didukung oleh piston yang memiliki lapisan molybdenum, sehingga tahan terhadap friksi dan suhu tinggi. Untuk penyalur daya, motor ini menggunakan transmisi 6-speed.

2017-Honda-CB150R-Exmotion-Honda-Motorcycle-Thailand_2

Bahkan ada beberapa komponen dari Honda Big Bike yang disematkan pada Honda CB150R ExMotion ini, sebut saja suspensi depan upside-down milik Honda X-ADV 750, lalu sistem pengereman dengan kaliper 4 piston dan ABS + G Sensor dari Honda CBR1000RR. Honda juga menggandeng pabrikan aksesori ternama asal Jepang seperti Moriwaki, G’Craft, dan Kitaco untuk merancang komponen spesial untuk Honda CB150R ExMotion.

Hadirnya Honda CB150R ExMotion bergaya Café Racer Modern ini tentunya bakal menggebrak industri motor global, terutama di pasar ASEAN. Respon positif pun langsung dilayangkan oleh konsumen, hanya dalam tempo lima hari sejak tayangan teaser dipublikasikan, Honda pun kebanjiran order Honda CB150R ExMotion sebanyak 1.000 unit. Meski para pemesan belum pernah melihat langsung unit motornya.

2017-Honda-CB150R-Exmotion-Honda-Motorcycle-Thailand_3

Honda CB150R ExMotion dipasarkan dengan pilihan warna Pearl Cadet Gray, Millennium Red, Mat Laurel Green Metallic, dan Asteroid Black Metallic. Sedangkan untuk model yang dilengkapi dengan fitur ABS, hadir dalam pilihan warna Grey-Black dan Black. Honda CB150R ExMotion dipasarkan di Thailand dengan harga mulai dari 99.800 baht atau setara dengan Rp 40 juta.

2017-Honda-CB150R-Exmotion-Honda-Motorcycle-Thailand_4

LEAVE A REPLY