Federal Academy – Mechanic Contest 2017: Meningkatkan Kapabilitas Mekanik Melalui Pelatihan Otomotif

0
38

Salah satu aspek utama yang perlu mendapat perhatian penting pada dunia otomotif, dalam hal kompetensi dan pelayanan di bengkel adalah mekanik. Hal ini didasari oleh fakta di lapangan, saat konsumen menanyakan kondisi kendaraannya kepada mekanik secara langsung ketika berada di bengkel. Oleh sebabnya, produsen otomotif dan berbagai pihak yang terkait di dalamnya tentu menaruh  perhatian besar terhadap keberadaan mekanik tersebut.

PT Federal Karyatama, selaku produsen pelumas Federal Oil dan Federal Mobil, sejak awal telah menyoroti hal ini dan tergugah untuk mengadakan program Federal Academy, yang salah satu rangkaian kegiatannya adalah Mechanic Academy.

Mechanic Academy adalah program pendidikan yang disusun secara sistematis untuk menciptakan standarisasi mutu dan kemampuan tenaga mekanik. Hal ini diperkuat dengan pemberian sertifikasi yang dapat diperoleh oleh mekanik pada akhir masa pendidikan. Sertifikasi ini telah disusun oleh sejumlah fasilisator dengan kapabilitas sebagai tim penilai sertifikasi pada Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

didot04

Mechanic Academy ini adalah bentuk tanggung jawab sosial dari PT Federal Karyatama sebagai korporasi dalam memberikan perhatian kepada mekanik melalui pemberian pelatihan yang memadai mengenai mesin dan pelumas. “Melalui kegiatan ini, kami berupaya menyiapkan mekanik yang memiliki standardisasi mutu dan dan tersertifikasi,” kata Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur PT Federal Karyatama.

Pelaksanaan kegiatan Federal Academy perdana telah dilakukan pada 15-16 Maret 2017, di Bali. Program ini sudah berlangsung di hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia dan pada tanggal 12-13 September 2017 merupakan puncak pelaksanaan Federal Academy – Mechanic Contest 2017.

Rangkaian kegiatan dimulai dari pelatihan Level 3, kemudian dilanjutkan dengan plant tour ke pabrik baru PT Federal Karyatama yang berlokasi di Cilegon. Sebagai tahap pamungkasnya ialah rangkaian tes mulai tes teori hingga praktek langsung di kendaraan bermotor.

didot03

“Pemberian Mechanic Award merupakan bentuk apresiasi bagi mekanik yang telah antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Mulai dari tahapan pertama berupa kompetensi berupa teori yang terkait kendaraan bermotor, kemudian tahapan kedua ialah praktek langsung secara teknis untuk meningkatkan pengetahuan teknis sepeda motor injeksi, dan tahapan ketiga yaitu evaluasi keseluruhan tahapan yang telah dijalankan,” tukas Herry Hambali, DIrektur Marketing & Sales PT Federal Karyatama.

Dari 16 mekanik partisipan dari berbagai kota di Indonesia, terpilih 3 orang juara Federal Academy – Mechanic Contest 2017 ini. Untuk Juara 1 diraih oleh I Putu Artama dari Bali, disusul oleh Juara 2 yang disabet oleh Budi Alamsyah asal Tangerang, kemudian Juara 3 adalah Alexander dari Bali.

didot01

LEAVE A REPLY