Cleveland Ace Scrambler 250: Scrambler Berpenampilan Tampan

0
1075

Tak sedikit pengguna kendaraan roda dua yang menyukai sepeda motor bergaya Scrambler, termasuk di Indonesia. Bahkan Bromaxx sendiri mungkin juga suka dengan motor Scrambler. Tak ayal, banyak pengguna sepeda motor pun sengaja mengubah atau memodifikasi tunggangannya untuk disulap menjadi motor Scrambler.

Cleveland CycleWerks sendiri sengaja hadir untuk mengakomodir para penggemar sepeda motor yang ingin menggunakan motornya dalam berbagai aktivitas, mulai sebagai sarana transportasi keseharian, maupun untuk hobi, hingga untuk dimodifikasi. Bahkan pendiri Cleveland CycleWerks, Scott Colosimo, juga pernah mengutarakan hal yang serupa. “Setiap motor kami telah memiliki konsep kebebasan total dalam perancangannya,” ujarnya.

_MG_6110

Seiring dengan maraknya tren motor Scrambler di Indonesia, maka Cleveland CycleWerks pun turut meramaikan pasar otomotif Tanah Air dengan menghadirkan Ace Scrambler 250. Sejak kemunculannya di pertengahan tahun ini, Motomaxx selalu menantikan momen untuk menjajal langsung Cleveland Ace Scrambler 250 yang punya ciri khas panel samping bertuliskan angka 216 tersebut.

Secara fisik, Cleveland Ace Scrambler 250 memiliki postur yang tidak terlalu bongsor dan masih proporsional untuk tubuh orang Asia, kendati setang khas motor Scrambler memang membutuhkan sedikit penyesuaian bagi pengendara. Posisi duduk dan berkendara pun tergolong santai dan nyaman, tapi karena unit motor yang Motomaxx ini telah menggunakan knalpot opsional model Scrambler, maka kaki kanan menjadi gemar menyentuh ‘heat shield’ pada leher knalpot.

_MG_6133

Panel instrumen memiliki tampilan yang simpel, hanya spidometer dan tachometer yang duduk manis di bagian tengah setang. Karena konsep motor ini ialah Scrambler dengan karakter retro klasik, maka indikator penunjuk jumlah bahan bakar tidak tersedia. Jadi Bromaxx harus rajin memeriksa jumlah bahan bakar secara manual. Tak usah khawatir jika motor terasa mulai tersendat, karena cukup dengan memutar keran pada jalur bahan bakar, Bromaxx pun dapat melaju normal lagi menuju stasiun pengisian bahan bakar terdekat.

Mesin yang diusung oleh Ace Scrambler 250 ini ialah satu silinder overhead valve (OHV) berpendingin udara yang memiliki kapasitas 229 cc dan bertenaga 14 hp. Bromaxx mungkin sedikit heran, kenapa Cleveland CycleWerks masih menggunakan mesin tipe OHV tersebut. Alasannya adalah untuk kemudahan perawatan dan reliabilitas penggunaan.

_MG_6125

Mesin ini masih didukung oleh karburator PZ30 sebagai sistem bahan bakarnya, lagi-lagi demi karakter retro klasiknya. Mesin OHV memang terdengar sedikit kasar, tapi memiliki karakter torsi yang tersedia di putaran bawah. Motomaxx merasakannya langsung saat membesutnya di lalu-lintas padat. Transmisi 5-speed pada motor ini memiliki rasio yang cukup baik, dengan rasio gigi 3 dan 4 yang cukup panjang.

Sistem pengereman Cleveland Ace Scrambler 250 didukung oleh rem cakram hidrolis di roda depan dan roda belakang. Velg alumunium berdiameter 17 inci dibalut dengan ban berukuran 110/70-17 untuk depan dan 130/70-17 untuk belakang. Bobot Cleveland Ace Scrambler 250 hanya sekitar 126 kg, sehingga pengendara dapat berkendara secara dinamis saat melaju di jalan raya maupun ketika di jalanan kurang mulus.

_MG_6134

Cleveland Ace Scrambler 250 berbasis dari Ace Deluxe 250 ini tersedia dalam beberapa pilihan warna yang atraktif, yakni hijau dan oranye seperti yang Motomaxx gunakan kali ini. PT Sumatra Motor Indonesia, selaku Agen Tunggal Pemegang Merk Cleveland CycleWerks di Indonesia, memasarkan Cleveland Ace Scrambler 250 dengan harga Rp 54,5 juta (off the road).

CCW01

LEAVE A REPLY