Buzz 1 Electric Scooter: Tampang Gaek, Jiwa Jaman Now

0
610

Kian hari tren alat transportasi listrik semakin berkembang pesat, hal ini tentu didasari oleh keingin banyak pihak yang menginginkan dunia yang lebih baik dan lebih bersih. Tak sedikit produsen kendaraan sengaja mengembangkan dan menciptakan kendaraan listrik, meski porsi pasar di segmen ini masih tergolong kecil.

SMM4438

Cepat atau lambat, kendaraan dengan mesin yang tidak menggunakan bahan bakar minyakl bakal menjamur di masa depan. Teknologi baterai, pengisian daya listrik, dan sistem energi sinar matahari juga berkembang secara cepat seiring dengan teknologi kendaraan listrik. Elon Musk membuat gempar dunia otomotif global dengan menghadirkan mobil Tesla, yang fungsional, praktis, atraktif, dan berperforma tinggi.

SMM4332

Saat membahas tentang kendaraan listrik, banyak orang yang memiliki kekhawatiran akan jarak tempuh. Mereka pun khawatir saat daya listrik kendaraan itu habis dan terdampar di suatu tempat. Namun, hal tersebut sepertinya mulai terkikis berkat adanya teknologi fast charging, wireless charging, dan tentunya solar charging. Sehingga jarak tempuh bukan menjadi momok bagi kendaraan listrik.

SMM4402

Selama beberapa tahun terakhir, sebuah perusahaan spesialis restorasi skuter klasik di Vietnam, Saigon Scooter Centre, telah mengembangkan dan membuat skuter listrik dalam jumlah yang sedikit. Pengalaman selama 10 tahun tersebut, telah menghasilkan desain dan konversi yang dilakukan pada beragam skuter klasik buatan Italia. Karya Saigon Scooter Centre (SSC) itu dipasarkan dengan nama VTronic (berbasis Vespa ) dan EBretta (berbasis Lambretta).

SMM4338

SSC lalu terdorong untuk menciptakan sendiri sebuah skuter listrik yang terinspirasi dari bentuk fisik skuter Italia era 1950an, yang akhirnya dinamakan Buzz 1. Keunggulan menciptakan skuter listrik ialah pada kebebasan dalam mendesainnya. Karena tidak memerlukan lagi tangki bahan bakar, mesin, transmisi, knalpot, hingga sistem pendinginan mesin.

SMM4446

Bodi bergaya klasik Buzz 1 ini menggunakan material fiberglass Vinylester yang tahan terhadap cuaca panas dan tanah terhadap korosi. Bodi tersebut kemudian dipadu dengan rangka tubular yang terbuat dari logam. Hasilnya, sebuah skuter berdesain retro modern yang atraktif untuk dlihat. Roda yang digunakan pada Buzz 1 ini memiliki ukuran 11 inci untuk depan dan 12 inci untuk belakang, sedangkan suspensi belakang menganut sistem monoshock.

SMM4365

Sebagai sistem penggeraknya, Buzz 1 dilengkapi dengan beberapa pilihan motor listrik, mulai dari yang berkekuatan 1kW, 2kW, 3kW, hingga 5kW. Motor listrik tersebut didukung oleh baterai lithium-ion polymer yang canggih, termasuk kombinasi antara sistem pengereman elektris dan pengereman hidrolis. Dengan kata lain, jika pengendara melakukan pengereman, maka daya listrik pun terisi kembali menuju baterai.

SMM4505

Daya listrik Buzz 1 dapat diisi ulang melalui stopkontak biasa, seperti yang ada di rumah. Jika memiliki mode isi ulang slow charging, maka akan membutuhkan waktu sekitar 6 jam, dari posisi baterai kosong hingga penuh. Namun jika memilih mode fast charging, dengan kapasitas mencapai 80%, maka hanya membutuhkan waktu 12 menit saja.

SMM4351

LEAVE A REPLY