Komparasi Yamaha Lexi VS Honda Vario 125. Siapa Lebih Unggul?

0
617

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah meluncurkan produk terbaru yang masuk dalam keluarga MAXI Yamaha, yakni Yamaha Lexi. Dengan kapsitas mesin 125 cc dan harga jual dibawah angka Rp 20 juta, secara persaingan Yamaha Lexi Akan berhadapan dengan Honda Vario 125 yang terlebih dahulu hadir dan menjadi motor yang paling laris di kelas skutik 125cc.

Masuk dalam kelas yang bisa dibilang berat, Yamaha Lexi hadir dengan desain yang elegan dan dilengkapi fitur-fitur menarik. Tetapi apakah itu cukup untuk keluarga baru MAXI Yamaha itu bersaing dengan penghuni yang sudah hadir terlebih dahulu di kelas skutik 125 cc, khususnya Honda Vario 125?

Hal pertama yang bisa kita bandingkan adalah ukuran dari kedua motor tersebut, Yamaha Lexi memiliki body yang lebih besar dibandingkan oleh Honda Vario 125. Meskipun memiliki bodi yang lebih besar, kapasitas tangki Vario lebih besar dengan ukuran 5,5 liter jika dibandingkan dengan Lexi yang hanya memiliki kapasitas tangki 4,6 liter. Tapi kedua motor tersebut sudah mengadopsi desain yang modern apalagi penyematan teknologi LED pada lampu utama sudah digunakan.

Sebenarnya kedua motor ini sudah dibekali fitur-fitur menarik, tetapi Yamaha Lexi memiliki kelebihan pada fitur smart key (Yamaha Lexi varian S) yang dimana Vario belum memilikinya. Satu lagi yang bisa dibedakan adalah penggunaan speedometer, Yamaha Lexi sudah menggunakan sistem digital atau sama dengan yang digunakan Aerox 155. Sementara itu, Honda Vario 125 masih menggunakan model analog.

Bicara bagian mesin, di atas kertas Yamaha Lexi juga unggul pada bagian performa. Lexi menggunakan mesin 124,7cc SOHC satu-silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,6 hp pada 8.000 rpm. Sementara Honda Honda Vario 125 menggunkan mesin yang lebih besar, namun tenaga yang dihasilkan lebih kecil 0,5 hp. Untuk torsi, Yamaha Lexi memiliki 11,3 Nm pada 7.000 rpm sedangkan Vario hanya 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Hanya saja torsi Honda Vario 125 sudah maksimal di putaran mesin lebih rendah.

Kedua mesin motor ini juga sudah dibekali teknologi terbaru, Yamaha Lexi dengan VVA dan BlueCore, Honda Vario 125 dengan teknologi eSP. Kedua mesin tersebut berguna untuk memaksimalkan kinerja mesin dan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Masalah harga kedua motor ini tampaknya akan bersaing ketat, Honda Vario 125 memiliki banderol Rp 17-18 jutaan. Sementara itu Yamaha Lexi dibanderol dengan kisaran harga dibawah Rp 20 juta untuk varian standarnya. Hanya saja Yamaha Lexi baru akan diproduksi pada bulan April mendatang.

Lalu bagaimana pilihan anda? Semoga komparasi ini jadi bahan pertimbangan untuk anda memilih motor terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda.

LEAVE A REPLY