Test Ride All New Honda PCX: Tetap Lincah Meskipun Punya Body Besar

0
214

Setelah diperkenalkan pada Desember 2017, PT Astra Honda Motor (AHM) melanjutkan dengan meresmikan harga dari All New Honda PCX. Tidak berhenti disitu, AHM juga memberikan kesempatan pada rekan-rekan media untuk merasakan impresi berkendara Honda PCX rakitan lokal ini.

Mengambil lokasi di Kemayoran, Jakarta. Pengetesan All New Honda PCX disuguhkan lintasan buatan yang panjangnya tidak sampai 1 kilometer dengan beberapa handicap dan rintangan yang dibuat sedemikian rupa. Tikungan panjang dan sempit, slalom hingga jalan bergelombang menjadi rintangan yang harus kami hadapi dengan menggunakan All New PCX varian ABS.

Mengawali tes dengan lintasan lurus, All New PCX memberikan respon yang lembut pada putaran awal. Meskipun tuas gas sudah ditarik cukup kencang. Mungkin saja AHM ingin memberikan kenyamanan untuk konsumen saat mengendarai PCX lokal. Hal ini juga berbanding lurus dengan desain PCX yang elegan dan mewah.

Selanjutnya tester disajikan sebuah tikungan lebar dan panjang, tanpa hambatan berarti PCX dapat melaluinya dengan mudah meskipun dengan posisi yang cukup rebah. Hal ini cukup mengagetkan jika melihat dimensi PCX yang cukup bongsor dengan bobot 132 kg. Sedikit catatan, PCX terbaru ini memiliki suspensi belakang yang sedikit keras.

Lintasan slalom menjadi sajian berikutnya, dengan tikungan yang semakin kecil PCX mampu melewatinya dengan cukup mudah. Saat memasuki lintasan bergelombang, suspensi belakang PCX semakin terasa kerasnya.

Setelah beberapa kali memutari lintasan yang terbatas, tester dapat memacu kecepatan hingga 60 km/jam. Kesempatan ini juga tester gunakan untuk menguji fitur ABS, hasilnya roda depan tidak sampai mengunci penuh meskipun di atas lintasan yang lembab.

Kesimpulannya, All New Honda PCX cukup lincah meskipun punya bobot yang besar. Hanya saja suspensi belakang motor masih terasa keras untuk tester. PCX terbaru ini merupakan motor yang sepertinya nyaman dibawa perjalanan jauh.

All New PCX dibanderol dengan harga Rp 27,7 juta untuk tipe CBS dan Rp 30,7 juta untuk tipe ABS. Kedua harga tersebut bersifat OTR Jakarta.

LEAVE A REPLY