Mesin Motor Mati Saat Melaju di Lintasan Kereta Api, Inilah Penyebabnya

0
40
Sebelumnya pihak Ditlantas Polda Metro Jaya menyatakan akan menindak tegas dengan menilang setiap kendaraan yang menerobos palang pintu kereta api. sanksi pidana berupa hukuman kurungan tiga bulan atau denda Rp 750 ribu, sebelumnya telah diatur dalam Pasal 296 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Bromaxx, pernah dengar kasus mesin motor mati saat menyeberangi rel kereta api? Memang kasus seperti ini jarang terdengar, karena biasanya kendaraan besar, seperti mobil, bus dan truck yang mengalami hal tersebut.

Bukan berarti hal tersebut tidak bisa terjadi pada motor. Mesin motor bertransmisi manual bisa saja mati saat melintasi jalur kereta api, jika pengendaranya tidak bisa menjaga putaran mesin motor.

Biasanya hal ini terjadi saat kondisi di perlintasan macet, pengendara motor berkopling manual menggunakan gigi yang terlalu tinggi, padahal kecepatan yang dibutuhkan rendah. Jadi mesin gampang mati.

Sebaiknya, saat melewati rel kereta api atau terjebak macet, pengendara motor bertransmisi manual harus menggunakan gigi rendah untuk mengail tenaga mesin.

Jika motor terlanjur mati di tengah perlintasan rel, Sobat Motion tidak perlu panik! Kembalikan posisi transmisi netral kemudian starter kembali mesin. Jika motor tidak bisa menyala juga, dorong motor terlebih dahulu hingga benar-benar menyebrangi rel, baru mesin dinyalakan kembali.

Diluar hal tersebut, sebaiknya pengendara motor wajib mematuhi rambu-rambu di perlintasan kereta api. Jangan menerobos palang kereta api yang sudah atau akan ditutup.

LEAVE A REPLY