Jangan Anggap Remeh Perihal Ganti Oli Motor Ya Sobat Bikers

0
32

Menggemari sebuah barang, memang memerlukan perhatian khusus, apalagi terkait hobi. Lebih-lebih jika barang hobi tersebut adalah motor kesayangan sekelas Harley-Davidson (HD).

Umumnya memiliki kendaraan, karena kesibukan sehari-hari, kerapkali pemiliknya lupa. Salah satu yang mungkin kadang terlupa adalah perihal mengganti oli kendaraan.

Baru tersadar, ketika pemiliknya, dalam hal ini pemilik motor HD mengeluhkan tarikan gas pada motornya terasa berat. Atau yang parahnya lagi, terjadi kebocoran oli.

Oli yang terlalu lama mengendap, belum diganti, memang dapat merusak seal di penutup tangki oli. Hal ini tentu saja sangatlah mengganggu, terutama jika sedang touring bersama rekan-rekan.

Keluhan di atas hanya sebagian kecil dari beberapa hal yang mungkin disebabkan penggantian oli yang kurang tepat. Sayangnya, pengetahuan tentang penggantian oli tak dimiliki semua bikers.

Masih banyak yang menganggap, mengganti oli sekadar membuang oli lama dan mengganti dengan yang baru. Kenyataannya, sangat jauh dari hal tersebut.

Ambil contoh, misalnya mengganti oli motor HD tipe Touring di Authorized Dealer Harley-Davidson, seperti di Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta.

Berarti pada motor itu akan ada 23 pemeriksaan menyeluruh selain mengganti oli. Di antaranya, ketika melakukan penggantian oli, motor harus pula diperiksa kedalaman tapak, tekanan angin ban depan dan belakang.

Bahkan tak ketinggalan pemeriksaan kekencangan semua jari-jari pada velg, dan memeriksa tinggi cairan pada bak oli rem belakang. Jadi, jangan anggap remeh perihal ganti oli ya sob. Apalagi oli motor besar (moge) semacam HD, bisa ribet urusannya.

Foto : Eki Razaki

Buat sobat yang ingin memiliki motor baru maupun second, dengan proses angsuran mudah dan ringan, bisa klik : di sini.

LEAVE A REPLY