Raih Rekor MURI, Festival Pesona Lokal Jakarta Berakhir Meriah

0
18

JAKARTA – Bertempat di Area Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Minggu (11/11). Festival Pesona Lokal Jakarta yang merupakan kota  terakhir dari 9 kota berakhir dengan meriah. Pasalnya, seri pamungkas ini memiliki berbagai kegiatan seperti parade karnaval budaya, lomba mural, lomba kreasi masakan daerah, dan lomba UMKM hingga pasar rakyat yang diikuti lebih dari 10.000 peserta.

Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews yang didukung oleh Adira Insurance. Kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah ini, diselenggarakan dalam rangka HUT Adira Finance yang ke-28.

Rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal diadakan di Bandung, Solo, Bali, Makassar, Pontianak, Malang, Medan, Palembang, dan Jakarta mulai dari September hingga November 2018.

Direktur Utama Adira Finance, Bapak Hafid Hadeli, beserta seluruh jajaran management Adira Finance, serta Direktur Utama Adira Insurance Bapak Julian Noor, beserta jajaran management Adira Insurance, kegiatan Festival Pesona Lokal Jakarta berlangsung dari pukul 06.00 hingga 15.00 waktu setempat diikuti oleh lebih dari 10.000 peserta yang terdiri dari ekosistem Adira Finance (karyawan, dealer, agen, dan mitra bisnis), komunitas, pelajar, dan masyarakat umum.

“Terima kasih kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya, atas dukungan dan partisipasi yang luar biasa pada acara hari ini. Jakarta merupakan kota penutup dari rangkaian 9 Kota kegiatanFestival Pesona Lokal. Antusiame yang ditujukan seluruh peserta dan masyarakat Jakarta tidak kalah meriah dan seru dengan kota-kota sebelumnya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat dan para sponsor yang telah membantu demi terlaksananya kegiatan Festival Pesona Lokal dengan baik, aman dan tertib, sampai akhir rangkaian kegiatan ini,” ujar Hafid Hadeli.

Foto 2

Antusiasme masyarakat Jakarta dan dukungan pemerintah daerah yang luar biasa pada kegiatan Festival Pesona Lokal hari ini, terlihat dari puluhan ribu peserta dan pengunjung yang memadati lokasi acara dan turut hadirnya Gubenur DKI Jakarta Bapak Anies Rasyid Baswedan

Acara Festival Pesona Lokal Jakarta akan dibuka ratusan penari ondel-ondel, fashion show dari brand lokal Nikocio dilanjutkan dengan parade Karnaval Budaya yang diikuti oleh lebih dari 7500 peserta yang menampilkan keberagaman baju adat dan musik tradisional serta seni pertunjukkan khas budaya Betawi. Karnaval budaya ini akan melewati  Jalan Maltatuli dan mengeliling Jalan Jend. Sudirman dan kembali ke Area Parkir Selatan GBK, dengan panjang rute kurang lebih 3,8 KM.

Selain Karnaval Budaya, Lomba Mural dengan tema Pesona Kotaku serta Lomba Kreasi Masakan Khas Daerah dengan tema Semur Jengkol juga akan meramaikan Festival Pesona Lokal Jakarta. Selain itu, terdapat Lomba UMKM dimana akan dipilih tiga UMKM terbaik yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Di Festival Pesona Lokal Jakarta, para pengunjung juga akan disuguhkan dengan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner sampai kerajinan yang inovatif dan kreatif.

Hadiah senilai total ratusan juta rupiah menanti para pemenang lomba di ajang Festival Pesona Lokal Jakarta. Pemenang Lomba Karnaval Budaya akan mendapatkan: juara 1 Rp. 20.000.000,- , juara 2 Rp. 10.000.000,- , dan juara 3 Rp.7.000.000,-. Pemenang Lomba Mural juara 1 akan mendapatkan uang tunai Rp. 10.000.000,-, juara 2 Rp. 7.000.000,- , dan juara 3 Rp. 5.000.000,-. Untuk para pemenang Lomba UMKM masing-masing akan mendapatkan uang tunai sejumlah; juara 1 uang tunai Rp. 10.000.000,- , juara 2 Rp. 7.000.000,- , juara 3 Rp. 5.000.000,-. Sementara untuk pemenang Lomba Kreasi masakan daerah menerima hadiah; juara 1 uang tunai Rp. 7.000.000,- , juara 2 Rp. 5.000.000,-, juara 3 Rp. 3.000.000,-.

Pada perhelatan kali ini, Adira Finance menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk Karnaval Budaya Secara Seri di Lokasi Terbanyak pada acara Festival Pesona Lokal. Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Bapak Hafid Hadeli oleh pendiri sekaligus Direktur Utama MURI Jaya Suprana.

”Dengan berakhirnya kegiatan Festival Pesona Lokal Jakarta, maka berakhir pula rangkaian 9 Kota Festival Pesona Lokal tahun ini. Kami berharap melalui Festival Pesona Lokal, kami dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat akan potensi daerahnya dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga dan mempromosikannya. Semoga kami bisa terus menghadirkan Festival Pesona Lokal dengan lebih baik lagi ditahun-tahun mendatang,” tutup Hafid.

 

LEAVE A REPLY