Alasan FDR Kenapa di KMHE Asia dan Dunia Banyak Pakai Ban Rim 16

0
14

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, 27 November – 1 Desember 2018 sukses terselenggara.

Ban FDR, produksi PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) untuk ketiga kalinya mendukung event tersebut. Dan tahun ini FDR hadir dengan inovasi baru, untuk ban berteknologi hemat bahan bakar, yaitu ban prototype radial.

“Kita selalu berinovasi agar tim-tim Indonesia tak kalah bersaing dengan tim-tim internasional. KMHE ajang yang bagus bagi tim Indonesia persiapkan diri sambut kompetisi tingkat Asia awal tahun 2019,” ucap Elsafan Rendianto, Promotion Department PT SRI.

Sebelumnya, FDR telah mendukung tim Indonesia dalam kompetisi kendaraan hemat energi tingkat Asia bahkan Dunia, dengan menyediakan ban-ban prototype yang khusus dibuat untuk kompetisi tesebut.

Jika diperhatikan selama ini, tim-tim yang berlaga di kompetisi kendaraan hemat energi, baik itu tingkat Asia maupun Dunia, rata-rata menggunakan ban rim 16 inch.

“Memang ada alasan kenapa ban rim 16 inch banyak digunakan, karena momen Inersia (ukuran kelembaban suatu benda untuk berotasi terhadap porosnya),” kata Jimmy Handoyo, Technical Service Department Head PT SRI.

Dikatakan Jimmy, momen tersebut paling optimal ada pada ban rim 16, dibanding rim 17 atau 14. “Dimana pada akhirnya kerja mesin jadi lebih ringan, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit,” ungkapnya.

Ban prototype radial ini dirancang sebagai ban tubetype alias membutuhkan ban dalam. Mengingat kondisi para tim yang berlaga di KMHE sebagian besar menggunakan velg jari-jari. “Tapi jika dibutuhkan, kita bisa ubah jadi ban tubeless,” lanjut Jimmy.

Selain menyediakan ban prototype untuk seluruh tim yang berlaga di kelas Urban, FDR juga siapkan dukungan teknis seputar ban. Seperti penggunaan tekanan angin ban, hingga jasa bongkar pasang ban prototype.

Sebanyak masing-masing 37 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia bersaing di kelas Prototype dan Urban, untuk memperebutkan gelar juara sebagai kendaraan dengan penggunaan bahan bakar paling irit.

Pada ajang KMHE 2018 juga diadakan FDR Awards, untuk mengapresiasi tim-tim Urban yang bisa mencatatkan waktu tercepat dan sekaligus paling hemat di event bergengsi ini.

Buat sobat yang ingin memiliki sepeda motor baru maupun second, dengan proses angsuran mudah dan ringan, bisa klik : di sini.

LEAVE A REPLY