Mobil Anti Tsunami Karya Mantan Karyawan Toyota Segera Diproduksi

0
3766

JAKARTA – Menjadi saksi ganasnya gelombang tsunami raksasa yang menghantam pantai Timur Laut Jepang pada 11 Maret 2011, membuat seorang mantan karyawan Toyota Motor Corp bernama Hideo Tsurumaki membuat mobil yang kedap air dan dapat berenang di atas air namun berbasis tenaga listrik (electrical vehicles).

Dua tahun setelah kejadian, Tsurumaki mulai membuat kendaraan listrik. Bertempat di sebuah pabrik di dekat Bangkok, Thailand berencana memproduksi 10.000 unit mobil pada tahun 2020 dan akan memperkenalkan perusahaannya pada masyarakat luas.

“Saya bermaksud untuk menyediakan satu unit mobil di luar rumah kami, mungkin akan banyak orang yang mempunyai pemikiran yang sama,” ungkap Tsurumaki.

fomm-concept-2

Tsurumaki yang merupakan insinyur utama untuk kendaraan listrik ultra-kompak (EV) di Toyota akan mendirikan perusahaannya sendiri yang bernama Fomm Corp. dengan pengalaman selama 3 tahun dengan para peneliti Universitas Tokyo, pria asal Jepang ini paham betul bagaimana cara mengendarai mobil di dalam air dengan posisi semua ban terendam.

Dengan prototipe yang diberi nama Concept One, Tsurumaki mendapatkan dukungan dari beberapa perusahaan seperti Yamada Denki Co, Dunai Electronic Co dan Trinex Assets Co.

Hingga saat ini, konsep mobil tersebut sudah memasuki prototipe yang ke-4. Dan proses produksi dijadwalkan pada bulan Desember di Thailand. Dimana Thailand sendiri sudah mulai kebijakan yang menguntungkan untukkendaraan plug-in hybrid tahun ini, termasuk keringanan pajak selama delapan tahun.

Mobil tersebut dapat menampung hingga 4 orang penumpang dan bisa digunakan sehari-hari. Dengan baterai baru, mobil tersebut dapat melaju hingga 160 km dengan sekali pengisian daya dan kecepatan tertinggi hingga 80 km/jam.

LEAVE A REPLY