Sparepart Mahal? Cari Solusi dengan Substitusi!

Sebelum beli asli yang harganya mahal, sebaiknya coba-coba dulu pake punya motor lain yang harganya lebih ekonomis. Lumayan kan bisa menghemat banyak.

0
26
Piaggio Liberty
Piaggio Liberty

PENGGUNA Piaggio Liberty keluaran 2012 tentu pernah merasakan ngilu saat master atas rem cakram depannya bocor. Masalahnya piston ini tidak dijual ‘ketengan’, melainkan satu set dengan rumah-rumahnya plus dudukan spion. Banderol harganya bikin tercekat yaitu ratusan ribu hampir menyentuh kepala empat.

“Wah masa cuma pistonnya bermasalah ganti semua. Lah terus yang lama buat apaan menuh-menuhin gudang?” gerutu Chandra. Iseng ia copot piston rem motornya dan ia keliling mencoba mencari substitusinya. Setelah diukur-ukur nampaknya ukuran piston tersebut mirip punya Honda Karisma. Akhirnya ia nekad membeli barang tersebut.

Sampai di rumah dan dengan keyakinan penuh ia pun memasang batang piston rem tersebut. Rupanya tidak bisa masuk alias kebesaran. “Selisihnya paling ga sampai 0,1mm. Tapi kan ga mungkin di kikir. Nanti malah bocor. Dibawa ke tukang bubut juga malah jadi mahal,” keluh Chandra. Ia mengaku sempat terbengong lama.

Sebelum sampai dirinya frustrasi, ia menemukan ide cemerlang. “Yang masalah itu kan karet-karet pistonnya. Dengan hati-hati karet-karet piston rem Honda Karisma saya lepas dan saya pindahkan ke piston asli Piaggio dan, Hurraaahh,” ungkapnya. Dia pun tertawa lebar mengingat selisih harga yang dia keluarkan. “Punya Honda cuma Rp30 ribuan udah
ori. Bye-bye empat retong rebong,” selorohnya.

Nah BroMaxx mungkin bukan pemilik motor seperti punya bro Chandra. Tapi langkah doi patut ditiru tuh. Sebelum beli asli yang harganya mahal, sebaiknya coba-coba dulu pakai punya motor lain yang harganya lebih ekonomis. Lumayan kan bisa menghemat banyak.

“Cuma ada masalah nih. Memang ga tahan lama. Paling dua tahun minta ganti. Ga apa-apalah. Toh murah. Saya curiga karena spek minyak rem yang saya pake kan DOT-4, sementara Karisma masih pake minyak rem grade DOT-3. Nanti kalau jebol lagi saya mau coba ganti pake DOT-3. Semoga karena ini masalahnya,” tutup Chandra.

LEAVE A REPLY