Wow ! AHM Luncurkan Honda PCX Electric

Sesuai dengan namanya, PCX Electric tidak menggunakan bahan bakar cair sama sekali. Semua digantikan oleh baterai sebagai pemasok daya.

0
14
AHM Luncurkan Honda PCX Electric

SETELAH diperkenalkan pertama kali di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) awal November 2018 lalu dalam bentuk konsep, akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan skutrik (skuter listrik) Honda PCX Electric. Kendaraan roda dua yang memenuhi tuntutan mobilitas masa depan ini merupakan rakitan lokal di fasilitas AHM Sunter, Jakarta Utara.

Presiden Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda PCX Electric adalah salah satu perwujudan roadmap AHM untuk menghadirkan teknologi sepeda motor, sesuai perkembangan tren kendaraan saat ini, sekaligus menghadirkan alternatif moda transportasi dengan teknologi listrik.

“Di samping motor berbasis bahan bakar, kami ingin mewujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan. Honda PCX Electric adalah model pertama kami untuk melengkapi gaya hidup masa depan masyarakat Indonesia,” ujar Inuma disela peluncuran Honda PCX Electric di Jakarta, Jumat (1/2).

Sesuai dengan namanya, PCX Electric tidak menggunakan bahan bakar cair sama sekali. Semua digantikan oleh baterai sebagai pemasok daya. Output yang mampu dikeluarkan sebesar 4,2 kW (5,7 hp) dengan torsi 18 Nm. Dengan kombinasi seperti itu kendaraan dapat dijalankan pada kecepatan rata-rata 40km/jam dengan kemampuan jelajah maksimal hanya 69 kilometer.

Baterai yang habis bisa diisi dengan dua metode pengisian. Pertama dengan pengisian baterai off-board charging, yaitu dengan melepas baterai. Metode ini dapat mengisi penuh dalam waktu 4 jam menggunakan charger eksternal atau hanya beberapa menit dengan mengganti baterai yang sudah terisi penuh (battery swap system).

Metode kedua adalah dengan langsung menghubungkan langsung pada sumber-sumber listrik di rumah, kantor, atau gedung. Metode on-board charging ini memakan waktu 6 jam untuk membuat baterai terisi penuh dari kondisi kosong.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan sejalan dengan arah perkembangan industri yang dicanangkan pemerintah, Honda PCX Electric menjadi tonggak pertama dalam mengembangkan produk motor listrik dan layanan terbaiknya bagi pecinta sepeda motor di Tanah Air.

“Kami bukan hanya menawarkan produk motor listrik, melainkan juga menyiapkan secara bertahap mulai infrastruktur, layanan, sumber daya manusia dan skema bisnis tersendiri untuk mengantarkan kelahiran Honda PCX Electric ini. Kami akan terus mempelajari dan menyesuaikan secara bertahap perkembangan motor listrik ini ke depan,” kata Loman.

Honda PCX Electric dikembangkan dari Honda PCX yang sudah ada dengan mengganti sumber dayanya dengan baterai dan listrik yang ramah lingkungan saat dioperasikan di jalan. Keistimewaan skutrik PCX Electric adalah kemampuan menyajikan torsi maksimal sejak putaran bawah.

Serupa Tapi Tak Sama

Sepintas PCX Electric identik dengan PCX reguler. Sayangnya pengendara tidak bisa lagi menyimpan helm-nya di dalam bagasi karena ruang tersebut sudah dikudeta oleh dua buah baterai lithium-ion dengan ukuran yang cukup besar. Sosoknya semakin ramping dan simpel dengan hilangnya komponen knalpot dan radiator di sebelah kanan. Sementara bagian kirinya tidak ada lagi kotak saringan udara.

new-honda-pcx-electric Battery-underseat
new-honda-pcx-electric Battery-underseat

Spakbor belakang juga tidak lagi menyatu dengan ekor bodi, tapi menempel pada pegangan shock absorber bagian kiri. Hilangnya knalpot dan dan saringan udara di bagian sisinya membuat pegas dan shock absorber nampak lebih panjang tanpa ada penghalang.

PCX Electric dibekali dengan speedometer full digital berdesain unik dengan panel instrumen yang cukup modern. Instrumen panelnya dilengkapi indikator kondisi baterai yang kini menjadi informasi terpenting yang harus diketahui pengendaranya. Selain itu ada juga indikator pengisian daya saat dicolokkan pada sumber listrik

Selain penunjuk waktu (jam), tombol lampu hazard, dan engine cut off, New Honda PCX Electric juga dilengkapi dengan smart key system dimana pengendara tidak lagi memerlukan lagi anak kunci untuk menghidupkan mesin, membuka jok, dan mengunci stang, semua bekerja secara otomatis. Pengendara cukup hanya mendekati sepeda motor tanpa perlu mengeluarkan kunci pintar dari kantong.

LEAVE A REPLY