15 Pebalap Moto GP Hanya Terpaut 1 Detik

0
36
Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) menjadi yang tercepat dalam penutupan tes pramusim Sirkuit Losail, Qatar (Motogp.com)

MAVERICK Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) menjadi yang tercepat dan menyelesaikan hari terakhir tes pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, Senin waktu setempat (25/2), dengan catatan  terbaik 1 menit 54,208 detik.

Vinales, pebalap tercepat di hari pertama dan ketiga tes, ditempel ketat pebalap rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) di posisi kedua, seperti dikutip dari laman resmi MotoGP pada Selasa (26/2).

Sementara, juara dunia Moto GP musim lalu Marc Marquez (Repsol Honda Team) membuat kemajuan di hari terakhir dengan finis di peringkat tiga diikuti oleh Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) di P4.  Rekan satu tim Marquez, Jorge Lorenzo, yang masih memulihkan diri dari cidera, finis di peringkat lima besar.

Yamaha menjadi yang tercepat di hari terakhir tes di Qatar dengan Vinales menyelesaikan 50 lap dan Rossi 38 putaran. Rossi cukup puas dengan hasil positif tes, namun rekan satu timnya menyatakan Yamaha masih perlu memperbaiki daya cengkeram motor (edge grip) karena dianggap masih kalah dengan motor pesaing lainnya.

Quartararo menyelesaikan 48 lap dan catatan waktunya lebih baik dari hari kedua. Bersama rekan satu tim Franco Morbidelli yang finis di P6 hari ini mereka menunjukkan progres bagus dari kedua tim Yamaha, yang semua pebalapnya berada di peringkat enam besar tercepat hari ini.

Pebalap rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) tampaknya menjadi ancaman serius bai para seniornya.
Pebalap rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) tampaknya menjadi ancaman serius bagi para seniornya (Motogp.com)

Marc Marquez di tempat ketiga dengan waktu 1 menit 54,613 dan total 53 lap, untuk menguji ketahanan jarak panjang ketika dia masih memulihkan diri dari cedera bahu.

Catatan waktu Lorenzo terpaut 0,040 dari Marquez dan 0,002 dari Rossi setelah hasil buruk di dua hari pertama tes dan finis di luar 15 besar. Sementara itu Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati Team) menjadi yang tercepat di antara pebalap dengan mesin Borgo Panigale. Pebalap Italia itu finis di P9 dengan total 43 lap, sedangkan rekannya Andrea Dovizioso turun di P15 dengan total 50 lap. Keduanya memfokuskan tes untuk menempuh jarak panjang dan menjajal setup motor Ducati mereka.

Alex Rins (Team Suzuki Ecstar), yang tercepat di hari kedua, kali ini finis di P11 dengan waktu 1 menit 54,852 detik dengan total 41 lap. Rekan satu tim Joan Mir menjadi pebalap rookie tercepat kedua di P12.

Sebanyak 15 pebalap teratas mengakhiri tes hari pamungkas di Qatar dengan selisih catatan waktu satu detik. KTM pun berada di peringkat sepuluh besar dan pebalap rookie Quartararo sepertinya tidak bisa diremehkan.

Usai tes pramusim di Qatar, para pebalap MotoGP akan memusatkan perhatiannya menghadapi race pertama musim 2019 di Qatar yang digelar pada 10 Maret nanti. (Max)

Berikut ini catatan waku tercepat 10 pebalap Moto GP:

1. Maverick Viñales – (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 1:54.208
2. Fabio Quartararo – (Petronas Yamaha SRT) – +0.233
3. Álex Rins – (Team Suzuki Ecstar) – +0.385
4. Marc Márquez – (Repsol Honda Team) – +0.405
5. Valentino Rossi – (Monster Energy Yamaha MotoGP) – +0.443
6. Jorge Lorenzo – (Repsol Honda Team) – +0.445
7. Franco Morbidelli – (Petronas Yamaha SRT) – +0.452
8. Pol Espargaró – (Red Bull KTM Factory Racing)  – +0.562
9. Takaaki Nakagami – (LCR Honda Idemitsu) – +0.581
10. Danilo Petrucci – (Mission Winnow Ducati)  – +0.610

LEAVE A REPLY