Cara Ampuh Membuat Kinclong Tampilan Mesin

0
1521
Clean car engine

Agar para pemilik mobil lawas tidak perlu minder saat parkir di jajaran mobil-mobil baru, maka harus punya trik jitu. Kata kuncinya sederhana, dandani secukupnya dan tak perlu berlebihan. Kalau ingin berlebihan cukup terapkan pada sektor kebersihan dan kerapian bagian luar dan dalam kendaraan termasuk juga mesin kinclong.

Mungkin hampir semua pemilik kendaraan paham cara yang benar dalam melakukan perawatan eksterior dan interior mobil, namun tidak semuanya paham bagaimana cara membersihkan kompartemen mesin. Bisa dimaklumi karena di dalamnya banyak terdapat perangkat elektrikal yang rentan mengalami gangguan jika terkena air.

Berikut ini tim redaksi akan menurunkan kiat-kiat membersihkan kompartemen mesin yang diambil dari berbagai sumber dan pengalaman para pengguna mobil lawas.

Langkah pertama adalah jangan menyiramkan air ketika mesin dalam keadaan panas. Tunggu beberapa menit hingga kondisi cukup hangat karena dikhawatirkan ada komponen logam yang cukup riskan saat menyusut akibat terkena air dingin secara tiba-tiba.

Perhatikan bagian-bagian yang riskan terkena air, seperti alternator, socket-socket kelistrikan, ignition coil dan kabel-kabel busi, dan perangkat elektronik (modul ABS, ECU, relay-relay, dll). Untuk mencegah terkena air sebaiknya bungkus komponen-komponen tersebut dengan plastik. Bukan dengan aluminium foil yang justru berpotensi menyebabkan arus pendek terutama pada bagian alternator!

Untuk menambah perlindungan dari air, sebaiknya gunakan cairan pelumas semprot anti-karat serbaguna pada bagian soket-soket kelistrikan. Cairan ini mampu mencegah terjadinya kontak langsung sambungan-sambungan kelistrikan dengan air. Setelah seluruh bagian terlindungi, periksa penutup oli, tongkat pengecek oli (dipstick) dalam posisi yang benar untuk mencegah masuknya air ke dalam mesin dari bagian itu.

Jika Anda mau sedikit mengeluarkan tenaga, lepaskan tabung-tabung penampungan air wiper, dan reservoir. Biasanya bagian ini cukup kotor oleh kerak-kerak dari air yang cukup sulit dibersihkan. Untuk mempermudah proses pembersihan, Anda bisa memanfaatkan cairan pembersih kamar mandi. Namun hati-hati menggunakannya karena bahan kimia ini cukup keras.

Bersihkan bagian dalam tabung cairan wiper dari kotoran, kerak dan lumut yang mengendap. Jika sulit, Anda bisa memasukkan cairan pembersih kamar mandi secukupnya dan kocok merata keseluruh bagian. Biarkan beberapa saat agar larutan bereaksi dengan kerak sambil mengerjakan hal lain. Bersih bilas dengan air bersih lalu masukkan secarik kain berukuran 10×10 cm dan deterjen. Kocok hingga campuran deterjen, air dan potongan kain menyapu seluruh bagian dalam lalu kuras kembali. Bilas dengan air bersih. Terapkan cara yang sama untuk membersihkan tabung reservoir radiator.

Untuk bagian luarnya gunakan kuas dan cairan pembersih lantai kamar mandi pada bagian-bagian yang berkerak. Ulangi jika masih terdapat kotoran yang membandel. Bilas dengan air dan bersihkan lagi dengan deterjen. Bilas dan keringkan dengan chamois.

Lepaskan rumah saringan udara, bongkar untuk membersihkan bagian dalamnya dengan air dan deterjen dibantu dengan kuas untuk menjangkau celah-celah yang sulit dijangkau. Untuk membersihkan bagian luar saringan udara yang terbuat dari plastik bisa juga memanfaatkan cairan pembersih kamar mandi bila perlu. Cuci menggunakan deterjen, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap chamois.

Untuk membersihkan bagian mesin, deterjen memang sangat ampuh merontokkan kotoran yang bercampur dengan minyak. Sayangnya deterjen juga akan meninggalkan bercak-bercak putih jika proses pembilasannya tidak benar. Untuk amannya gunakan shampoo pencuci mobil. Jika tidak ada, bisa memanfaatkan shampoo rambut sachet atau sabun cair untuk mencuci piring.

Siramlah bagian-bagian mesin dengan air yang mengalir dengan tekanan rendah, lalu gunakan larutan sabun tadi dan sikat gigi serta kuas untuk menjangkau bagian-bagian yang sempit. Setelah itu bilas dengan air bertekanan rendah. Ulangi jika masih ada kotoran yang membandel. Lakukan ke seluruh bagian mesin lalu keringkan dengan lap chamois.

Pasangkan kembali tabung reservoir dan tabung air wiper ke posisi semula. jangan lupa mengisi cairan coolant dan air wiper setelah selang-selang dan socket kabel terpasang. Jangan lupa juga membersihkan selang-selang penghubung.

Komponen plastik hitam tanpa lapisan cat seperti gril, panel plastik penutup mesin dan penutup kotak sekring umumnya rentan terkena noda kerak bekas air yang berwarna keputihan. Kotoran semacam ini sangat mengganggu tampilan. Untuk mengembalikannya ke kondisi semula cukup mudah. Yang perlu dilakukan adalah melepas komponen tersebut agar mudah dibersihkan hingga ke bagian-bagian tersembunyi.

Bersihkan seluruh permukaan komponen degan bantuan kuas dan deterjen. Lalu keringkan untuk melihat hasilnya. Jika masih terdapat kerak yang membandel Anda bisa menggunakan cairan pembersih jamur kaca untuk menghilangkan kerak-kerak tersebut dengan bantuan kuas. Setelah itu cuci kembali dengan deterjen dan keringkan dengan lap chamois. Biasanya tahap ini mampu mengembalikan tampilan asli plastik hitam.

Untuk mengembalikan kondisi warna hitam pada komponen plastik yang sudah berubah warna akibat usia, bisa dengan memanfaatkan pelumas silikon spray. Semprotkan secukupnya pada komponen plastik dan lap dengan kain microfiber. Namun hati-hati jangan sampai cairan ini mengenai puli-puli mesin yang membuat fan belt menjadi selip. Selamat Mencoba… (NOER)

LEAVE A REPLY