DFSK pun ‘Panas’ Luncurkan SUV Baru

0
53
DFSK Glory 560 siap menggempurpasar SUV Indonesia. (Dok DFSK)

SETELAH Wuling menghadirkan Almaz untuk meramaikan pasar mobil Sport Utility Vehicle (SUV). Kini giliran DFSK pun tengah menyiapkan SUV barunya yang diberi nama Glory 560 berkapasitas 7 penumpang. Padahal DFSK sebelumnya telah memiliki Glory 580 yang sama-sama memiliki kapasitas 7 penumpang.

Melihat dari penamaannya Glory 560 berada di bawah ‘kasta’ Glory 580. Kendaraan yang rencananya akan diluncurkan pada akhir Maret ini untuk memperkuat kehadiran DFSK di Indonesia khususnya di segmen SUV yang menjanjikan.

Sebagai informasi, Glory 560 sejatinya bukan produk baru. Di negara asalnya SUV tersebut sudah diluncurkan sejak 2017 lalu dengan nama berbeda yaitu S560.

Meskipun berstatus ‘adiknya Glory 580’, secara dimensi perbedaannya tidak terlalu signifikan. DFSK Glory 560 memiliki panjang 4.515 mm, atau lebih pendek 165 mm dibandingkan dengan Glory 580, lebar 1.815 mm (-30 mm), namun lebih tinggi 20 mm yaitu 1.735 mm.

DFSK Glory 560 masih menonjokan ciri khas SUV
DFSK Glory 560 masih menonjokan ciri khas SUV

Di pasar global kendaraan yang memiliki nama lain Fengguang S560 ini dibekali dengan dua pilihan mesin yaitu 1.5 liter turbocharged bertenaga 150 hp dengan torsi 200 Nm dan 1.8 normally aspirated bertenaga 139 hp bertorsi maksimal 187 Nm. Menlihat angka-angkanya diperkirakan mesin ini akan identik dengan milik kakaknya, Glory 580. Transmisinya pun setali tiga uang yaitu otomatis 6-speed dan CVT.

Fitur Modern

Seperti biasa, fitur yang ditawarkan brand Tiongkok ini cukup menggiurkan. Mulai dari desain dasbor yang modern, perangkat infotainment dengan layar 7 inci yang cukup menonjol, atap panoramic sunroof berukuran besar, hingga fitur dashcam di dekat spion dalam. Fitur lainnya berupa cruise control, dan kamera 360 derajat, vehicle stability control, dan beberapa fitur canggih lainnya. Sistem penerangan luar pun telah menganut LED projector.

Cluster meter DFSK Glory 560 layaknya mobil eropa.
Cluster meter DFSK Glory 560 layaknya mobil eropa.

Desain eksteriornya juga cukup baik. Bagian depan terlihat lebih sporty dibanding ‘kakaknya’. Kesan itu muncul lewat bentuk bumper bagian bawah dengan lekukan-lekukan yang lebih tegas, serta desain lampu kabutnya yang unik. Kesan maskulin khas SUV juga hadir di bagian sisi lewat pahatan-pahatan tegas sepanjang pinggul hingga bertemu di sisi lampu belakang. Aura modern juga tampak di bagian buritan yang semakin serasi dengan sudut kemiringan kaca belakang.

Sayangnya produsen mobil Tiongkok ini berkesan ‘kurang kreatif’ dalam urusan penamaan. Selain akan membingungkan karena nomenklatur semacam ini (560) tidak memiliki makna apapun bagi konsumen. Berbeda dengan produsen mobil Eropa yang sangat tertib dan jelas dalam urusan ini. Contoh BMW 318i menunjukan Seri 3 dan kapasitas atau level mesin 1.8 liter injeksi (i). Mercedes-Benz E250 menunjukan ini adalah seda E-Class dengan kapasitas mesin di level 2.5 liter.

Bagian belakang DFSK  Glory 560 terkesan kokoh.
Bagian belakang DFSK Glory 560 terkesan kokoh.

Jika membandingkan dengan SUV Wuling Almaz yang memiliki nama lain Baojun 560, sepertinya angka ini merupakan kode produksi yang menunjukkan jenis dan level kendaraan di negara Tirai Bambu itu. (Noer)

LEAVE A REPLY