Rem Bermasalah, Mitsubishi Recall Outlander Sport dan Delica

0
5
Mitsubishi Outlander diketahui memiliki masalah pada sistem pengereman.
 MITSUBISHI mengumumkan recall (menarik kembali) model Delica dan Outlander Sport untuk dilakukan perbaikan komponen rem yang diketahui bermasalah.
Program yang diberi nama Field Fix Campaign ini sekaligus sebagai wujud kepatuhan terhadap Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.
Ada 7.932 unit kendaraan Mitsubishi yang terdampak oleh program ini yang terdiri dari 6.852 unit Outlander Sport yang dibuat tahun 2014-2017 dan 1.080 unit Delica tahun produksi 2015-2016.
Komponen yang dicurigai bermasalah adalah potensi timbulnya karat pada komponen rear parking brake caliper/kaliper rem parkir belakang pada kedua model kendaraan (Outlander Sport dan Delica) yang berpotensi mengurangi kinerja dari rem parkir. Dalam kondisi terburuk kendaraan dapat bergerak walaupun kondisi tuas rem parkir diaktifkan.
Untuk model Outlander Sport, selain potensi masalah rem, terdapat pula potensi korosi pada wiper link ball joint yang berakibat ball joint aus sebelum waktunya dan membuat wiper link rod terlepas sehingga wiper tidak berfungsi. Penyebabnya adalah air yang masuk melalui celah pembuangan air pada front deck garnish (antara kap mesin dengan kaca depan).
recall delica outlander sport 1
Khusus untuk Delica, selain masalah rem, juga terdapat potensi masalah pada fitur Auto Stop and Go (ASG). Saat sistem AS&G aktif mesin kendaraan otomatis mati setelah berhenti sejenak. Jika dalam kondisi charge battery/aki dalam tingkat yang rendah maka mesin berpotensi tidak dapat dinyalakan kembali.
Hal tersebut dikarenakan sistem ASG membaca bahwa aki kendaraan sedang dalam kondisi yang tidak baik, sehingga sistem ASG tidak mau menghidupkan mesin kembali. Solusinya dengan melakukan reprogramming pada ECU ASG. Pembaharuan software ini dilakukan untuk mengoptimalkan kerja sistem ASG.
“Kami mengundang konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di diler kendaraan penumpang resmi Mitsubishi dengan prosedur yang mudah serta kompensasi pembaharuan software dan penggantian part terkait tanpa biaya,” ungkap Director of Sales & Marketing Division  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro.
MMKSI melalui diler kendaraan penumpang Mitsubishi di seluruh Indonesia akan mengirimkan surat undangan kampanye perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye ini. Program ini sudah dimulai sejak 29 Maret 2019 di seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia.
Konsumen dapat menghubungi diler kendaraan penumpang Mitsubishi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan ini, sekaligus melakukan Service Booking untuk kemudahan dalam pengaturan waktu perbaikan.(Noer)

LEAVE A REPLY