Sadis… Ini Karya Modifikasi CB1000R Neo Sports Cafe

0
102

HONDA meluncurkan proyek khusus “Garage Dream”, kompetisi modifikasi naked bike CB1000R dengan tampilan dan gaya khas Neo Sports Café. Proyek super yang diprakarsai Honda Motor Eropa Liberia (Spanyol dan Portugal) diikuti 13 distributor Honda di Eropa dengan mengandeng rumah modifikasi terkenal.

Untuk memodifikasi CB1000R, pihak Honda memberi anggaran kepada masing-masing distributor senilai 3.000 euro untuk membeli komponen dan fabrikasi, sementara untuk pengerjaan cat sebesar 2.000 euro.

Honda CB1000R Neo Sports Café ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada November 2017 di ajang EICMA 2017 yang berlangsung di Italia. Saat dipertontonkan pertama kali, motor yang mengusung konsep naked dan café racer ini langsung membuat jatuh cinta penggemar motor bergaya neo klasik.

Mesin DOHC inline 4 silinder berkapasitas 998 cc yang ditopang rangka steel mono backbone yang kokoh ini mampu menyemburkan tenaga 144 HP. Namun wajah beringas mesin CB1000R ini justru tidak menonjol lantara mengadopsi lampu bulat dengan teknologi headlight multireflector.

Tentu saja proyek Honda Garage Dream menjadi tantangan tersendiri bagi rumah modifikasi untuk merancang ulang CB1000R Neo Sports Café, apalagi ciri khas Neo Sports Café tidak boleh dihilangkan. Berikut ini hasil modifikasi CB1000R Neo Sports Café yang bikin kita berdecak kagum.

Raptor terinspirasi pesawat vintage Inggris.
Raptor terinspirasi pesawat vintage Inggris.

Autoferro Murcia – Raptor

Rumah modifikasi AutoFerro Murcia Honda di tenggara Spanyol menemukan inspirasi mereka di pesawat tempur klasik Inggris untuk memodifikasi CB1000R.

Mereka memodifikasi jok dan knalpot yang diambil dari potongan bodi pesawat. Dalam pengerjaannya, AutoFerro Murcia berfokus memperketat proporsi bodi dan menambahkan banyak referensi aeronautika.

Meski mengandalkan pengecatan namun Motocircuit cukup mencuri perhatian.
Meski mengandalkan pengecatan namun Motocircuit cukup mencuri perhatian.

Honda Motocircuit – Four Experience

(Di atas kiri) Honda Motocircuit mengembalikan CB1000R ke wujud asli Honda CB. Mereka hanya mengutamakan pengecatan, dan membungkus ulang jok kulit degan motif berlian. Meski terkesan simple namun karya modifikasi ini dinilai membawa trend baru, termasuk mengadopsi sistem buangan knalpot dengan konfigurasi Arrow 4-ke-2.

Proyek modifikasi ini diberi nama 3 sesuai jumlah perempuan yang bekerja di Honda Motorsport.
Proyek modifikasi ini diberi nama 3 sesuai jumlah perempuan yang bekerja di Honda Motorsport.

Honda Motor Sport – 3

Karya modifikasi yang diberi nama 3 oleh Honda Motor Sport ini lantaran diler ini digawangi 3 perempuan. Dengan memadukan cat warna merah, putih dan biru ini seolah menandakan motor tunggangan Captain America.

Monkey Kong terinspirasi Honda Monkey yang berkapasitas kecil.
Monkey Kong terinspirasi Honda Monkey yang berkapasitas kecil.

Honda Mallorca Motorcycles – Monkey Kong

Setelah memutar otak mencari ide, ternyata modifikator Honda Mallorca Motorcycles memilih gaya Monkey Kong. Tema ini juga sekaligus untuk merayakan peluncuran kembali Honda Monkey. Honda Monkey yang kita kenal adalah motor kecil berkapasitas 50 cc, namun bisa dibayangkan jika model Monkey ini berbekal mesin 1000 cc. Banyak pengunjung yang tersenyum melihat Monkey Kong ini.

Ortho mengambil aliran motor balap tahun 1950an.
Ortho mengambil aliran motor balap tahun 1950an.

Honda Motorcycles – Ortho CB1000R

Kalau Anda mengira CB1000R Neo Sports Café sudah cukup berkesan retro, coba lihat Honda Ortho ini. Ortho berhasil mengubah tampilan dengan viper cowl dan skema cat retro serba putih. Neo Sports Cafe ini akan terlihat tepat di rumah yang diparkir di samping Kawasaki Z900RS Cafe, dan itu tentu bukan hal yang buruk.

Impala memgambil desain layaknya motor flat tracker.
Impala memgambil desain layaknya motor flat tracker.

Honda Impala CB1000R

Honda Impala mengubah wujud CB1000R Neo Sports Café menjadi model flat tracker secara sempurna. Modifikasi ektrem dilakukan pada bagian tangki bensin dan bagian belakang, serta merancang kembali riding geometry motor. Kotak saringan udara pun diganti dengan filter pod untuk mendapat asupan udara lebih banyak. Bagian knalpot juga dimodifikasi dan disesuaikan dengan style sebuah motor segala medan jalan. (Max)

LEAVE A REPLY