Hyundai Kona Siap Gebrak Pasar SUV Tanah Air

0
45
Hyundai Kona menjadi ancaman pasar SUV di Indonesia.

HYUNDAI punya jagoan baru yang akan menjadi salah satu andalan di pasar otomotif tanah air khususnya di segmen kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV). Kendaraan yang akan melakukan debut di ajang Indonesia International Motor Show 2019 ini tak lain adalah Hyundai Kona.

Industri otomotif Indonesia berkembang kian dinamis dalam kurun waktu satu dasawarsa terakhir. Pasar kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) saat ini memang masih merajai pasar nasional, tapi di sisi lain permintaan kendaraan SUV juga meningkat secara signifikan.

Menjawab kebutuhan pasar ini HMI terus melakukan berbagai inovasi dan pengembangan yang berkelanjutan di berbagai lini. Hyundai Kona merupakan jawaban atas kebutuhan pasar masyarakat Indonesia yang menginginkan kenyamanan berkendara, fitur dan teknologi terkini, serta faktor-faktor keamanan. SUV model terbaru Hyundai ini akan menjadi salah satu backbone model di 2019.

Untuk urusan spesifikasi, manajemen Hyundai masih belum terbuka soal ini. “Maaf, nanti pas di IIMS akan terang benderang deh,” ujar Public Relation PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) Adinda Armnesia. Oleh karena itu kami coba ‘menyelidiki’nya untuk membunuh rasa penasaran.

Sebagai brand yang telah memproklamirkan diri sebagai produsen mobil kelas premium di pasar global, tentu Hyundai akan mencurahkan kemampuannya untuk menjadikan sosok Kona mampu bersaing di pasaran.

Hyundai Kona dibekali mesin baru yang powerfull
Hyundai Kona dibekali mesin baru yang powerfull.

100 km/jam Hanya 7,9 Detik

Sejatinya di luar sana SUV medium ini dibekali dua pilihan mesin. Salah satunya adalah mesin canggih Gamma 1.6 liter T-GDI (Turbo-Gasoline Direct Injection) DOHC Dual CVVT bertenaga 175 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 265 Nm antara 1.500-4.500 rpm. Transmisinya menggunakan tipe otomatis 7-speed Dual Clutch Transmission tipe dry clutch.

Dengan kombinasi seperti itu kendaraan ini mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam tempo 7,9 detik. Cukup cepat dan gesit untuk ukuran sebuah SUV harian. Sedangkan kecepatan maksimumnya mencapai 205 km/jam. Tapi nanti dulu. Kemungkinan besar bukan mesin ini yang bakal masuk ke Indonesia karena akan mempengaruhi harga jualnya.

Untuk membuatnya lebih ‘terjangkau’, sepertinya HMI akan hanya akan memasukkan Kona yang bermesin 2.0 liter Atkinson MPI (Multi Point Injection) Dual CVVT 2-step induction system bertenaga 147 hp pada 6.200 rpm dan torsi 179 Nm pada 4.500 rpm. Mesin ini dibekali transmisi otomatis 6-speed dengan fitur Shiftronic.

Kendaraan yang memiliki panjang 4.165 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.550 mm dengan jarak sumbu roda 2.600 mm, dan Ground clearance 170 mm ini, dilengkapi fitur keselamatan dan keamanan yang sangat canggih dan berlimpah. Sayangnya kami sulit menebak fitur apa saja yang akan disematkan pada Kona untuk pasar Indonesia.

Kona menjadi backbone Hyundai di tahun 2019.
Kona menjadi backbone Hyundai di tahun 2019.

Yang jelas akan ada Downhill Brake Control (DBC), Hill-start Assist Control (HAC), Traction Control System (TCS), dan Vehicle Stability Management (VSM). Ada juga pilihan fitur Blind Spot Collision Warning (BCW), Driver Attention Warning (DAW), Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), dan deretan fitur canggih lainnya.

Fitur yang kemungkinan besar ada diantaranya: rear view camera with dynamic guide lines, dan Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) yang dapat membaca tekanan di masing-masing ban. Sedangkan untuk urusan airbag, akan ada setidaknya enam buah yang bertebaran di seantero kabin.

Selebihnya, kita tunggu saja kehadiran Hyundai Kona di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang akan digelar pada 25 April hingga 5 mei 2019 mendatang. (Noer)

LEAVE A REPLY