Kapan Saatnya Spooring dan Balancing Ban Mobil?

0
5920

KAKI-kaki mobil merupakan bagian yang penting dan perlu mendapatkan perawatan khusus yang perlu anda lakukan secara berkala. Spooring dan balancing menjadi jenis perawatan untuk menjaga kenyamanan dan performa mobil.

Spooring dan Balancing adalah proses meluruskan kembali posisidan titik berat ban ke  arah semestinya sesuai dengan standar pabrikan. Untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara, sebaiknya lakukan perawatan spooring dan balancing secara berkala.

Sebaiknya spooring dan balancing dilakukan saat pengendara merasakan kemudi mobil bergetar dan mobil sulit untuk berjalan lurus. Ciri-ciri lain yang dapat kita lihat adalah adanya kehausan ban yang tidak merata.

Proses spooring dan balancing dapat menjaga komponen kaki-kaki mobil jadi lebih awet. Jika proses perawatan ini tidak dilakukan secara berkala, maka kerusakan akan merembet ke area lain pada area kaki-kaki.

Meskipun standar pabrik mengatakan untuk melakukan perawatan spooring dan balancing setiap penambahan 10 ribu kilometer. Sebaiknya, lakukanlah pemeriksaan ketika penambahan kilometer mencapai angka 5.000 untuk menjaga hal yang tidak kita inginkan. Dan jangan lupa untuk menjaga tekanan angin sesuai spesifikasi yang disyaratkan. (Max)

LEAVE A REPLY