The All New BMW X5 Makin Cerdas dan Elegan

0
10

BMW Indonesia memperkenalkan generasi Sport Activity Vehicle (SAV) terbaru penerus BMW X5 yang akan kembali mengisi celah pasar kendaraan All-Wheel Drive premium di Indonesia. Kendaraan yang dirakit secara lokal di Sunter, Jakarta Utara ini merupakan generasi ke-4 dari BMW X5 yang diperkenalkan pertama kali hampir dua dekade lalu.

Berbagai inovasi dalam bentuk teknologi dan fitur baru hadir memperkaya kelengkapan kendaraan pelopor SAV BMW yang sukses di pasar global itu. Presiden Direktur BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan mengatakan, “Generasi pertama BMW X5, pelopor dari semua SAV BMW itu sukses mencatatkan angka penjualan sekitar 620 ribu unit di seluruh dunia. Generasi kedua hampir mencapai 730 ribu unit, dan terus meningkat pada generasi ketiga dengan lebih dari 760 ribu unit.”

Hingga saat ini, lanjut Ramesh, total BMW X5 yang terjual lebih dari 2,1 juta unit yang menunjukkan BMW X5 adalah model sangat penting bagi perusahaan. Sementara di Indonesia sendiri, sejak 2014 lebih dari 1.300 unit BMW X5 generasi ketiga telah terjual hingga saat ini. “Melalui All-New BMW X5, BMW Indonesia berencana untuk melanjutkan kisah sukses ini,” tuturnya.

Dari sederet fitur baru yang diusung oleh BMW X5 terbaru ini, Motomaxx menggarisbawahi kehadiran teknologi pencahayaan termutakhir pada lampu utama berupa perpaduan Adaptive LED Headlight dengan BMW Laserlight dengan Selective Beam untuk mengoptimalkan jangkauan pencahayaan pada lampu jauh. Teknologi laser ini memiliki kemampuan memancarkan cahaya dengan daya jangkau hingga 500 meter!

All New BMW X5 dibekali lampu laser yang mampu memilah objek di jalan.
All New BMW X5 dibekali lampu laser yang mampu memilah objek di jalan.

Berkat teknologi cerdas yang disematkan pada sistem pencahayaannya lampu jauh ini tidak menyilaukan bagi pengendara lain di depan dan kendaraan yang berlawanan arah. Pasalnya lampu laser ini memiliki kemampuan untuk menyeleksi bidang mana saja yang perlu dan tidak diterangi secara dinamis.

Untuk desain eksterior BMW X5 terbaru memiliki ciri khas yang kuat sebagai SAV premium dengan dimensi yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya. BMW X5 generasi ke-4 ini lebih panjang 36 mm dari generasi sebelumnya menjadi 4.922 mm, lebarnya bertambah 66 mm menjadi 2.004 mm, dan tingginya bertambah 19 mm menjadi 1.745 mm, sedangkan jarak sumbu roda bertambah 42 mm menjadi 2.975 mm.

BMW X5 terbaru konsisten dengan garis-garis tegas dan dinamis yang menjadi ciri kuatnya. Bagian sisinya dihiasi pahatan-pahatan dengan lekuk dinamis hingga ke bagian belakang. Pintu bagasi dapat terbuka menjadi dua bagian, atas dan bawah.

Untuk membuka kedua pintu bagasi terdapat fitur otomatis dengan hanya menyapukan kaki di bawah bumper belakang. Pintu bagasi di bagian atas terdapat lampu LED yang melebar hingga ke bagian sisi-sisi kendaraan. Lampu LED-nya sendiri memiliki desain pencahayaan 3D yang khas. Sedangkan pintu bagasi bagian bawahnya cukup kuat menahan beban hingga 250 kg.

Inovasi Teknologi Terbaru

Di bagian interior, SAV yang dilengkapi atap panorama glass roof ini berbagai teknologi dan fitur baru tersemat untuk memanjakan penghuni kabin. Sarana hiburannya didukung oleh BMW HiFi sound system dengan 10 loudspeaker yang ditenagai amplifier berkekuatan 205 Watt. Layar sentuh 10,2 inci hadir dengan kemampuan BlueRay drive dan koneksi HDMI.

Di bagian kemudi terdapat instrumen cluster dan layar Control Display di bagian tengah yang keduanya berteknologi layar digital berukuran 12,3 inci yang tampilannya dapat menyesuaikan dengan mode pengendaraan. Selain sebagai displai informasi status kendaraan, layar ini juga berfungsi sebagai penampil peta navigasi adaptif yang menjadi bagian dari BMW Live Cockpit Professional.

Interior All New BMW X5 kini dijejali berbagai inovasi teknologi terbaru.
Interior All New BMW X5 kini dijejali berbagai inovasi teknologi terbaru.

Untuk mengendalikan control display, pengemudi bisa memilih antara touch control menggunakan control display, iDrive Touch Controller, tombol pada setir, atau voice control maupun gesture control. Khusus Voice Control hadir dengan fitur ‘Hey BMW‘ yang dapat mengatur sederet fungsi seperti pengaturan AC, mengganti ambient light, dan fungsi lainnya.

Selain itu terdapat sistem multimedia berbasis hard-drive dengan memori 20 GB dan dua port USB, plus interface Bluetooth dan WiFi. Pengemudi dapat terdeteksi secara otomatis dan personal seting dapat diaktifkan menggunakan kunci kendaraan biasa atau dengan menggunakan Control Display. Fitur lainnya berupa wireless charging untuk menambah kemudahan penggunanya.

Kemampuan Off-road

Yang tak kalah pentingnya dari BMW X5 generasi baru ini adalah kemampuan mesinnya. Kendaraan yang ditawarkan dalam varian All new BMW X5 xDrive 40i ini menggunakan mesin 6 silinder 3.0 liter twin-scroll turbocharger plus Precision Direct Injection bertekanan hingga 350 bar. Output maksimalnya mencapai 340 hp antara 5.500-6.500 rpm dengan torsi maksimal 450 Nm di kisaran 1.500-5.200 rpm.

Didukung transmisi Sport Steptronic 8-speed lengkap dengan paddle shift, plus dukungan all-wheel drive (AWD) cerdas BMW xDrive-nya menjadikan X5 baru sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam tempo 5,5 detik. Luar biasa gesit untuk ukuran sebuah kendaraan bergenre SUV ini.

All New BMW X5 mampu melintasi berbagai kondisi jalan.
All New BMW X5 mampu melintasi berbagai kondisi jalan.

Selain gesit di jalan raya, BMW X5 juga memiliki kemampuan off-road yang cukup mumpuni. Sistem AWD BMW xDrive-nya mempu membagi torsi antara roda depan dan belakang dengan akurat. Untuk efisiensi yang lebih baik. daya penuh dapat disalurkan ke roda belakang. Untuk fungsi penguncian as roda belakang diatur oleh Driving Stability Control (DSC).

Keempat rodanya yang fleksibel didukung oleh suspensi udara dengan fitur self levelling suspension. Ketinggian suspensi dapat diatur lebih tinggi 40 mm atau lebih rendah 40 mm dari standarnya. Dengan berbagai fitur dan teknologi barunya itu All New BMW X5 xDrive 40i ditawarkan dengan harga kosong (off the road) Rp1,489 miliar. (Noer)

LEAVE A REPLY