Ini Spesifikasi Tesla X 75D yang Dipakai Bluebird

0
17
Tesla Model X 75D yang digunakan PT Bluebird sebagai taksi Silverbird termausk produk sukses Tesla Inc.

PERUSAHAAN taksi PT Bluebird memilih Tesla model X 75D untuk armada Silverbird. Di deretan produk Tesla, model X bukanlah produk teranyar dari pabrik mobil listrik yang bermarkas di Fremont, California, Amerika Serikat, namun Bluebird menjadi perusahaan taksi pertama yang memakai armada mobil listrik di Indonesia.

Tesla Model X adalah kendaraan utilitas crossover mewah semua listrik berukuran sedang yang dibuat oleh Tesla, Inc. Model X dikembangkan dari platform sedan berukuran penuh dari Tesla Model S. Model X memiliki Kelas Ukuran EPA sebagai Sport Utility Vehicle (SUV). Mobil ini tergolong unik dalam konsepnya karena menggunakan pintu sayap camar, beda dengan pintu mobil konvensional.

Layar lebar di bagian dashboard memuat sistem informasi mesin dan konsumsi listrik.
Layar lebar di bagian dashboard memuat sistem informasi mesin dan konsumsi listrik.

Tesla Model X pertama kali diluncurkan dalam bentuk prototipe di studio desain Tesla di Hawthorne pada 9 Februari 2012. Pengiriman pertama Model X dimulai pada September 2015. Setelah satu tahun kemudian, Model X berada di peringkat ketujuh pada tahun 2016 di antara mobil plug-in terlaris di dunia. Penjualan kumulatif global sejak diluncurkan hingga September 2018 mencapai 106.689 unit.

PT Bluebird melengkapi armada Silverbird-nya dengan Tesla Model X 75D yang menggunakan standar baterai 75-kWh yang menghasilkan jarak sekitar 380 kilometer dan mencapai 100 km/jam dalam 5,2 detik. Mobil dengan mesin hybrid listrik dengan tipe baterai lithium-ion (Li-ion) ini memiliki daya 259 hp pada 6,100 rpm (193 kW) dan torsi 243 lb·ft (329 N·m). Untuk melakukan pengisian daya baterai membutuhkan waktu 12 jam dengan daya listrik 240 volt dan sanggup menempuh jarak 385 km.

Kontrol Panel Tesla Model X 75D.
Kontrol Panel Tesla Model X 75D.

Untuk keselamatan, Bagian depan Tesla Model X telah dirancang sebagai zona crumple, sementara baterai yang dipasang di lantai menurunkan pusat gravitasi dan menguatkan bodi terhadap benturan samping. Teknologi keamanan aktif mencakup penghindaran benturan dan pengereman darurat otomatis. Model X juga dilengkapi dengan filter HEPA kelas medis yang menghilangkan serbuk sari, bakteri, virus, dan polusi.(Noer)

LEAVE A REPLY