Tips Wajib Bagi Rider Perempuan

0
16

JUMLAH Kendaraan roda dua atau motor terus bertambah tiap tahun. Begitu pula jumlah pengendara perempuan juga terus meningkat menyusul semakin maraknya produk motor jenis matic.

Sekilas mengendarai motor itu mudah, tapi sesungguhnya berkendara memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Penelitian Queenriders memberikan hasil pertumbuhan pengguna motor di Indonesia dalam 5 tahun belakangan meningkat 42 persen. Ironisnya, angka kecelakaan pengendara perempuan mencapai 49.5 persen dalam 2 tahun terakhir.

Oleh karena itu, para pengendara harus memperhatikan keselamatan dan keamanan selama berkendara. Keselamatan adalah hal yang harus diperhatikan dan tidak bisa ditawar-tawar. Berikut ini berbagai hal yang harus diperhatikan oleh pengendara perempuan;

Perlengkapan

  1. Helm. Pakailah pelindung kepala sesuai standar yang ditetapkan (SNI) dan pasang dengan benar (kaitkan tali pengaitnya hingga berbunyi klik).
  2. Kacamata. Jika helm Anda tidak full face, lindungi mata Anda dari debu dan sinar matahari dengan kacamata atau sunglasses.
  3. Jaket atau hoodie berbahan cukup tebal. Selain bisa melindungi dari angin, keduanya dapat melindungi Anda saat jatuh dari motor.
  4. Sarung tangan. Pilih sarung tangan berukuran pas di telapak tangan. Sarung tangan berguna untuk melindungi kulit tangan dari sengatan terik sinar matahari, juga mengurangi dampak benturan saat terjadi kecelakaan.
  5. Masker atau penutup mulut dan hidung. Benda ini mampu mengurangi polusi udara yang berasal dari asap kendaraan dan debu.
  6. Pakailah sepatu berhak sedang yang menutupi mata kaki. Jangan memakai high heels, wedges, atau sejenisnya.
  7. Tas. Pilihlah ransel atau backpack berukuran sedang. Jika memakai tas selempang atau sling bag, pilihlah yang bisa dimasukkan dalam bagasi untuk keamanan. Hindari tote bag karena cenderung mudah jatuh dari pundak sehingga mengganggu konsentrasi.

Helm menjadi perlengkapan wajib sebelum naik motor. Gunakan helm standar SNI.

Helm menjadi perlengkapan wajib sebelum naik motor. Gunakan helm standar SNI.

Busana Riding

  1. Jangan kenakan rok ketat atau rok span yang sempit sebab akan mengganggu gerakan Anda. Ini berhubungan dengan gerakan kaki Anda jika tiba-tiba Anda harus berhenti mendadak.
  2. Hindari gaun mini sebab begitu Anda duduk, gaun akan semakin naik. Selain itu, rok ini akan memengaruhi rentang kaki Anda saat tiba-tiba berhenti mendadak.
  3. Hindari gaun atau rok yang bentuknya lebar di bagian bawah. Rok bisa tersingkap atau justru melayang-layang sehingga bisa membahayakan.
  4. Kerudung. Jika Anda memakai kerudung yang panjang, pastikan untuk mengikatnya sehingga tidak melambai-lambai atau justru tersangkut di rantai motor atau bagian lainnya. Ini berisiko membahayakan.
  5. Jangan memakai perhiasan berlebihan.
Kecelakaan sering terjadi akibat kelalaian pengendara itu sendiri. (Dok MI)
Kecelakaan sering terjadi akibat kelalaian pengendara itu sendiri. (Dok MI)

Yang wajib dilakukan

  1. Mematuhi aturan lalu lintas.
  2. Memahami dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.
  3. Membawa SIM dan STNK.
  4. Jangan melawan arus.
  5. Jangan menelepon atau membalas WA/SMS saat berkendara.
  6. Jangan melewati garis putih ketika berhenti di lampu merah.
  7. Jangan berboncengan lebih dari satu orang.
  8. Jangan memacu kendaraan melebihi aturan yang berlaku.
  9. Selalu gunakan lajur kiri.
  10. Pastikan menyalakan lampu sein saat akan berbelok, lalu matikan usai berbelok.(MI)

LEAVE A REPLY