Velozity Chapter Tangerang Tanam 1000 Pohon Mangrove

0
19

KOMUNITAS Toyota Veloz yang tergabung dalam Velozity Chapter Tangerang (D’Vecta) menggelar aksi penanaman 1.000 pohon mangrove di pesisir pantai Patra Manggala, Kabupaten Tangerang, Banten pada Minggu (21/7). Aksi ini merupakan upaya membantu mencegah kerusakan ekosistem akibat abrasi air laut di pesisir pantai utara Tangerang.

Aksi bakti sosial yang dilaksanakan bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang ini diikuti oleh 20 member D’Vecta beserta keluarga. Ide ini muncul karena selama ini belum ada komunitas lain yang peduli terhadap rusaknya ekosistem akibat abrasi air laut di pesisir tangerang.

Para pengurus Chapter D’Vecta kemudian mencari informasi dan izin untuk berkerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Tangerang yang pada akhirnya didukung juga oleh Pemda setempat sehingga bisa terlaksana bertepatan dengan perayaan Hari Kartini.

Kegiatan yang juga didukung oleh Auto2000 Pasar Kemis, Tangerang ini diawali dengan mini touring untuk berkumpul di kawasan Balaraja Barat kemudian dilanjutkan dengan melakukan konvoi menuju Patra Manggala. Perjalanan kemudian dilanjutkan menggunakan perahu nelayan untuk menuju lokasi penanaman pohon.

Selain menyelamatkan lingkungan, penanaman mangrove juga menjadi dasar pengetahuan pentingnya ekosistem pantai.
Selain menyelamatkan lingkungan, penanaman mangrove juga menjadi dasar pengetahuan pentingnya ekosistem pantai.

Tambah Pengetahuan

Kegiatan ini juga memiliki keuntungan ganda. Selain melakukan penyelamatan lingkungan yang berguna bagi ekosistem pantai, acara ini memberikan kegembiraan tersendiri bagi keluarga, sekaligus untuk menambah pengetahuan dan informasi seputar manfaat dari tanaman yang berfungsi menahan gelombang laut yang disampaikan oleh perwakilan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang Hari Mahardika dan Taya selaku penanggung jawab lokasi.

“Manfaat dari pohon mangrove ini adalah untuk mencegah erosi dan abrasi pantai. Erosi merupakan mengikisan permukaan tanah oleh aliran air sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut. Pohon mangrove memiliki akar yang efisien dan kuat dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat ombak air laut,” jelas Hari Mahardika.

Usai mendapat pengarahan para peserta dengan antusias melakukan aksi penanaman pohon yang diikuti oleh seluruh anggota keluarga. Cuaca panas yang menyengat seolah tak mampu melunturkan semangat mereka. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan beberapa tempat sampah secara simbolis kepada perwakilan nelayan setempat sebagai wujud kepedulian member D’Vecta terhadap kebersihan lingkungan sekitar.(Noer)

LEAVE A REPLY