Honda Perkenalkan Mobil Listrik XN-V di Tiongkok

0
23
Honda XN-V Concept mengambil platform Honda H-RV.

PRODUSEN mobil Honda melakukan debut perdana mobil konsep yang diberi nama XN-V di ajang pameran otomotif Shanghai Auto Show di Shanghai, China, 26 April 2019. Mobil bergenre crossover SUV ini merupakan hasil rancangan Honda Motor China Technology Co Ltd berkolaborasi dengan Dongfeng Honda yang dibuat secara eksklusif untuk pasar lokal mereka.

Sejatinya XN-V Concept merupakan crossover bertenaga listrik (EV) yang dibangun dari platform model Honda HR-V dan menjadi ‘preview‘ model produksi EV crossover yang akan datang. Dibandingkan dengan HR-V, XN-V Concept telah mengalami perubahan besar terutama dari sisi style. Bagian wajahnya mengusung fitur sepasang lampu sipit yang dikombinasi bumper baru dengan lubang intake berukuran besar.

Melongok bagian belakang konsep ini menghadirkan sepasang lampu belakang LED yang seolah menyatu sepanjang penutup bagasi. Desain unik muncul lewat aksen ‘lubang ventilasi’ mungil di bagian sisi tengah, sementara bagian roof spoiler-nya dibuat seolah menyatu dengan bagian atap melalui aksen warna gelap.

Bagian belakang Honda XN-V ini menghadirkan sepasang lampu belakang LED yang seolah menyatu sepanjang penutup bagasi.
Bagian belakang Honda XN-V ini menghadirkan sepasang lampu belakang LED yang seolah menyatu sepanjang penutup bagasi.

Pahatan-pahatan bergaris tegas menghiasi di bagian sisinya yang semakin meningkatkan kesan kekar dan kuat. Handel pintu depan plus handel pintu belakang tersembunyi menyatu dengan jendela belakang memberi kesan sebuah kendaraan croosover coupe dua pintu. Padahal ini adalah kendaraan empat pintu.

Saat diperhatikan secara keseluruhan terdapat aksen-aksen kecil berwarna biru pada bagian gril, lubang ventilasi dan bawah bumper depan, seta di bagian bawah side skirt. Itu semua untuk menandakan dan menegaskan bahwa ini adalah sebuah kendaraan listrik murni.

Hingga saat ini pihak Honda belum merilis spesifikasi teknis dan tampilan interiornya. Nampaknya misteri ini baru akan diungkapkan ke publik saat kendaraan ini benar-benar diproduksi tahun depan.

Sebelum ini Honda juga merilis crossover listrik bernama Everus VE-1 yang juga dibuat dari platform HR-V. Bedanya Everus VE-1 dibuat oleh perusahaan otomotif Tiongkok lainnya yaitu GAC Honda. Honda XN-V Concept dan Everus VE-1, keduanya merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk menelurkan lebih dari 20 model kendaraan listrik di pasar Tiongkok pada 2025 mendatang. Untuk tahap awal pada 2020 nanti mereka akan memperkenalkan model plug-in hybrid. (Noer)

LEAVE A REPLY