Truk Raksasa dan Kapal Layar Jadi Favorit Selfie

0
9
Dump truck Caterpillar 777E bermesin 12 silindernya berkapasitas 32.100 cc, dengan tenaga maksimal lebih dari 1.000 hp dikombinasi torsi maksimal 4.757 nm pada 1.300 rpm.

ADA yang berbeda di pergelaran pesta otomotif akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Salah satu di antaranya kehadiran truk raksasa pertambangan di area outdoor di antara Hall D dan Hall C.

Kendaraan tambang Caterpillar 777E dengan tinggi sekitar 5 meter didominasi warna kuning dan hitam yang didatangkan PT Trakindo Utama itu menjadi salah satu objek favorit pengunjung sebagai ajang selfie (swafoto). Terlebih saat weekend ketika banyak pengunjung yang membawa keluarga, termasuk anak-anak.

Truk itu memiliki dimensi panjang hampir 10 meter, tepatnya 9.781 mm. Lebarnya 6,1 meter dengan tinggi 5 meter saat bak dump tertutup dan hampir 10 meter (9.970 mm) saat dump terjungkit ke atas. Sementara itu, diameter ban hampir dua kali rata-rata tinggi orang dewasa. Untuk masuk ke kabin kendaraan seharga sekitar Rp13 miliar itu, terdapat tangga yang memang sudah menjadi bagian dari kendaraan.

Truk berbobot kosong sekitar 70 ton berdaya angkut sekitar 100 ton itu ditenagai mesin yang tak kalah gedenya.

Mesin 12 silindernya berkapasitas 32.100 cc, dengan tenaga maksimal lebih dari 1.000 hp dikombinasi torsi maksimal 4.757 nm pada 1.300 rpm. Transmisinya menggunakan jenis otomatis power shift 7-speed dengan kecepatan maskimal kendaraan 66 km/jam.

Kapal layar yang dipamerkan di arena IIMS 2019 cukup menarik minat pengunjung.
Kapal layar yang dipamerkan di arena IIMS 2019 cukup menarik minat pengunjung.

Selain truk raksasa, kejutan lainnya berupa kehadiran nuansa maritim di salah satu sudut area Hall B3. Sederet kendaraan air dipersembahkan Indonesia Boating Gathering, dari watercraft, jetski, kapal layar, hingga mesin boat atau outboard motors hadir di area tersebut. Tentu saja, hal itu tidak dilewatkan pengunjung yang membawa keluarga untuk sekadar berswafoto.

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh menerangkan bahwa Indonesia Boating Gathering dari Community for Maritime Studies Indonesia (CMSI) turut memberi warna baru di IIMS 2019 dengan berbagai agenda talkshow, dari pembahasan boating lifestyle on opportunity, Indonesia’s boat industry present and future, dan how regulation contribute to lifestyle boating.

“Indonesia Boating Gathering sendiri adalah kegiatan komunitas yang terdiri atas sailors gathering, anglers, powerboats gathering, dan diver gathering,” sambung Hendra dalam keterangan resminya. (Noer)

LEAVE A REPLY