Triumph Siapkan Motor Ber-CC Terbesar di Dunia

0
49

TRIUMPH kembali mengukuhkan predikatnya sebagai pembuat sepeda motor produksi berkapasitas mesin terbesar di dunia. Kali ini pabrikan motor asal Inggris ini merilis berencana The new 2.5-liter Triumph Rocket 3 TFC (Triumph Factory Custom).

Triumph Rocket 3 terbaru akan memberikan sebuah mesin 2.458 cc di antara kedua kaki Anda yang bahkan akan membuat pengendara mobil bermesin di bawah kapasitas 2.500 cc akan minder setengah mati di samping Anda.

Meski bermesin berkapasitas 2500 cc, bobot Triumph Rocket 3 TFC lebih ringan dari versi sebelumnya.
Meski bermesin berkapasitas 2500 cc, bobot Triumph Rocket 3 TFC lebih ringan dari versi sebelumnya.

Mesin enam silinder ini mampu menghasilkan kekuatan helaan 170 tenaga kuda dan mengeluarkan kekuatan puntir maksimal 221 Nm. Kendaraan ini memiliki bobot 40 kg lebih ringan dari pendahulunya yang memiliki berat 362 kg berkat penggunaan aluminium pada bagian rangka dan suspensi single-sided shaft-drive swingarm.

Dengan bobot sekitar 320 kg, motor yang akan diprodsuksi dalam jumlah terbatas 750 unit ini dibekali ban raksasa dengan ukuran lebar 240 ini hanya akan tersedia dalam satu pilihan warna yaitu hitam dikombinasi bahan serat karbon.

Triumph Rocket 3 TFC diproduksi terbatas hanya 750 unit.
Triumph Rocket 3 TFC diproduksi terbatas hanya 750 unit.

Berbagai peralatan berteknologi elektronik disematkan untuk mempermudah pengendaranya. Misalnya saja panel indikator dengan layar TFT yang cantik, Cornering ABS, Traction Control, 4 riding modes, up/down quickshifter, tire pressure monitors, keyless ignition, hingga hill start assist.

Triumph Rocket 3 TFC masih mempertahankan identitas lampu bulat kembar.
Triumph Rocket 3 TFC masih mempertahankan identitas lampu bulat kembar.

Sepeda motor yang dilengkapi fitur cruise control sebagai standar ini juga memberikan opsi bluetooth connectivity yang dapat terkoneksi dengan GPS ponsel, bahkan dapat tekoneksi dan mengendalikan GoPro action camera, untuk mengabadikan serunya perjalanan atau sebagai saksi mata saat menemui masalah.

Seri Triumph Rocket terus mempertahankan ciri khasnya lewat lampu utama signature twin round headlights. Tampilannya semakin baik berkat format LED baru yang dilengkapi fitur daytime running light (DRL) sebagai fasilitas standar.

Untuk mengendalikan dan menghentikan laju, sepeda motor yang dibekali suspensi fully adjustable dari Ohlins ini mengandalkan rem Brembo Stylemas. Pemilik sepeda motor juga mendapat dua jenis dudukan jok bagian belakang sebagai pilihan saat ingin berkendara berdua atau berkendara seorang diri.

Jok Triumph Rocket 3 TFC bisa disetting untuk boncengan maupun solo riding.
Jok Triumph Rocket 3 TFC bisa disetting untuk boncengan maupun solo riding.

Sebagai tunggangan eksklusif, setiap pembeli Triumph Rocket 3 TFC akan diberikan formulir bernomor yang ditandatangani langsung oleh CEO Triumph Nick Bloor, plakat bernomor pada dudukan instrumen, satu set album foto yang menggambarkan sepeda motor bersangkutan saat menjalani proses produksi, ransel kulit dan penutup motor ekslusif Triumph TFC.

Ada pertanyaan: Dengan kapasitas sebesar itu bagaimana konsumsi bahan bakarnya? Dengan taktis pihak Triumph menjawab bahwa Anda salah besar jika ingin membuang-buang bensin dan emisi karbon untuk dipersembahkan kepada dewa di langit. Pasalnya konsumsi bahan bakar Triumph Rocket 3 TFC hanya 5,2 liter untuk menjelajah sejauh 100 km (19,2 km/liter).(Noer)

LEAVE A REPLY