Modifikasi Simple Wuling Almaz Patut Ditiru

0
210
Modifikasi ringan, terutama mengganti velg dan ban berukuran besar langung kendongkrak tampilan Wuling Almaz. (Dok Wuling Motor)

WULING Motors mencoba melempar sebuah ide dalam bentuk mobil yang dimodifikasi ringan yang mengusung konsep Stunning Simple Style yang dituangkan pada sosok SUV Almaz. Meskipun modifikasi yang dilakukan tergolong simpel, namun berkat konsep yang matang membuat kendaraan ini sukses menghadirkan nuansa yang berbeda.

Sesuai dengan namanya modifikasi yang dilakukan tidak terlalu banyak. Di bagian bodi eksterior hanya dilakukan dengan menambahkan aksen warna jingga kemerahan pad bagian bawah bumper depan, atap, dan roof spoiler. Hasilnya ternyata cukup luar biasa memberikan nuansa baru yang meningkatkan aura sporti pada kendaraan 7 penumpang tersebut.

Saat dilihat dari bagian depan, permainan kombinasi warna hitam seagai warna dasar dikombinasi aksen silver di bagian gril dan ornamen di bagian bingkai lampu utama di bawah plus aksen merah di bagian bawah bumper sukses menghadirkan kesan yang lebih agresif dari sebelumnya.

Bagian pertama yang menarik perhatian adalah tampilan depan Wuling Almaz. Kombinasi warna hitam yang menjadi warna dasar, serta aksen silver yang menghiasi lingkar grill, kini dipadukan dengan warna merah dari front lip bumper yang menambah kesan sporti,

Jurus kedua adalah mengganti roda-roda standar yang aslinya berukuran 17 inci menjadi 20 inci agar sesuai dengan ruang roda yang tersedia. Rodanya sendiri diambil dari produk aftermarket Forged Custom model two piece dikombinasi ban berprofil rendah buatan Michelin PS4S berdimensi 255/40 R20.

Penggantian di sektor kaki-kaki ini rupanya membuat tampilan kendaraan nampak aneh karena lingkar rumah roda pada bagian fender menyisakan ruang terlalu besar. Mengatasi hal itu tim modifikasi Wuling akhirnya mengganti pegas standar dengan lowering kit untuk mengurangi ketinggiannya.

Berkat penggunaan lowering kit tadi membuat celah lingkar roda dengan lingkar fender menjadi lebih serasi dan enak dilihat. Penggantian ban dan suspensi ini juga diharapkan mampu meningkatkan performa dan kualitas pengendalian kendaraan di jalan raya, terutama saat melaju pada kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan.

Karena hanya mengejar tampilan maka tidak ada ubahan pada bagian mesin, alias tetap menggunakan mesin 4 silinder 1.5 liter plus turbocharger buatan Honeywell yang mampu memuntahkan tenaga 140 hp pada 5.200 rpm dengan torsi 250 Nm antara 1.600-3.600 rpm.

Bagian interiorpun dibiarkan dalam kondisi standar karena sudah dianggap cukup nyaman dan mewah serta dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap sehingga tidak lagi diperlukan tambahan. Di antaranya adalah Smart Multimedia 10.4 inci touchscreen yang dilengkapi fitur Wuling Link yang berisi fasilitas hiburan, pengaturan AC, pengaturan kendaraan, hingga Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Selain fasilitas hiburannya juga dilengkapi tata suara yang digarap khusus oleh Infinity by Harman, Almaz juga dilengkapi fitur smart lainnya berupa Extensive Panoramic Sunroof, berupa sunroof yang menyatu dengan panoramic roof yang membentang dari bagian depan hingga ke bagian belakang.

Meskipun hanya menyentuh bagian eksterior, modifikasi simpel ini sukses membuat SUV bertransmisi otomatis CVT 8-Speed rancangan Bosch berbanderol Rp318,8 juta ini menarik untuk ditiru.(Noer)

LEAVE A REPLY