Porsche 911 Speedster Diproduksi Hanya 1.948 Unit

0
9

PORSCHE 911 Speedster mulai diproduksi pertengahan tahun ini setelah kemunculan pertama kali sebagai mobil konsep pada tahun 2018. Porsche 911 Speedster untuk pertama kali diperlihatkan di hadapan publik pada acara 70 Tahun Porsche Sports Cars di Zuffenhausen. Penampilan publik lainnya diikuti di Goodwood Festival of Speed, Rennsport Reunion VI di Laguna Seca, California serta Paris Motor Show pada Oktober 2018.

Dalam penampilan perdana di depan publik, Porsche 911 Speedster sukses menarik perhatian pecinta mobil sport. Tim desainer Porsche berhasil mencangkok model Porsche 354 Speedster tahun 1954 dan menyempurnakan bentuk rangka atap berbahan serat karbon yang menyatu dengan lekukan ganda di bagian belakang yang menjadi ciri sport 911 Speedster. Lekukan ganda, tim desain Porsche menyebutnya sebagai double bubble, dibuat sebagai sistem perlindungan jika terjadi roll-over, termasuk dalam dua tempat duduk sebagai fitur standar seperti di 911 Carrera Cabriolet. Sebagai mobil sport convertible, atap Porsche 911 Speedter dapat dibuka dan dilipat secara otomatis.

Spoiler versi Touring 911 GT3

Untuk mempertegas tampilan balap, Porsche 911 Speedster juga mengadopsi desain apron depan dari 911 GT3, namun bibir spoiler sepenuhnya pengembangan baru. Begitu pula dengan kap komposit serat karbon yang beratnya dua kilogram lebih ringan daripada 911 GT3, sedangkan sayap komposit serat karbon berasal dari 911 R. Spoiler belakang dan apron belakang 911 Speedster bisa disetel disetel secara aerodinamis yang diadopsi dari 911 GT3 Touring.

Spoiler belakang dan apron belakang 911 Speedster bisa disetel disetel secara aerodinamis yang diadopsi dari 911 GT3 Touring.
Spoiler belakang dan apron belakang 911 Speedster bisa disetel disetel secara aerodinamis yang diadopsi dari 911 GT3 Touring.

Bagian interior dibalut dengan elemen kulit, termasuk jok komposit serat karbon model full bucket layaknya mobil balap. Logo ‘Speedster’ menghiasi bagian headrest dan bagian kusen pintu. Yang lebih menarik dan ekslusif, terdapat lencana edisi terbatas pada struktur silang di belakang kursi yang menunjukan nomor produksi seri 911 Speedster. Mobil balap harian 911 Speedster ini dibatasi akan diproduksi hanya 1.948 unit saja yang menandai tahun pertama kali memproduksi Porsche Roadster.

Logo 'Speedster' menghiasi bagian headrest dan bagian kusen pintu.
Logo ‘Speedster’ menghiasi bagian headrest dan bagian kusen pintu.

Mesin putaran tinggi dengan 510 PS

Jantung mesin dari 911 Speedster baru ini diadopsi dari 911 GT3. Mesin boxer enam silinder berkapasitas 4000 cc ini mampu menyemburkan tenaga puncak 375 kW (510 PS) pada 8.400 rpm. Mesin GT murni ini menghasilkan torsi maksimum 470 newton meter pada 6.250 rpm. 911 Speedster baru berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 4,0 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 310 km/jam.

Dibandingkan dengan 911 GT3 sebelumnya, mesin di 911 Speedster ini dilengkapi dengan dua filter partikulat bensin (GPF) dan sesuai dengan standar emisi Euro 6d TEMP EVAP-ISC (EU6 DG). Meski begitu, mesin empat katup 911 Speedster ini masih bisa menambah tenaga 10 PS lebih banyak lagi. Hal ini dimungkinkan karena adanya peningkatan pada injektor bahan bakar tekanan tinggi dengan pola semprot yang dioptimalkan serta sistem pemasukan yang dimodifikasi dengan masing-masing katup throttle, sehingga memungkinkan respons yang lebih spontan terhadap perintah throttle. Sistem knalpot sport stainless steel ringan yang baru dikembangkan berbobot kurang dari 10 kilogram – termasuk dua filter partikulat.

Sesuai statusnya sebagai mobil balap harian, Porsche hanya menawarkan 911 dengan transmisi sport enam kecepatan manual. Meski bertransmisi manual, 911 Speedster dilengkapi fitur fungsi auto-blip yang secara tepat dan independen mengkompensasi perbedaan dalam kecepatan antara roda gigi ketika downshifting (perpindahan gigi) melalui throttle auto-blip. Auto-blip dapat diaktifkan kapan saja, dengan kata lain juga secara independen dari pengaturan sistem peredam variabel PASM (Porsche Active Suspension Management) yang dipilih.

911 Speedster mengulang debut sang legendaris Porsche 354 Speedster tahun 1954.
911 Speedster mengulang debut sang legendaris Porsche 354 Speedster tahun 1954.

Filosofi GT di belakang Speedster baru juga tercermin dalam sasisnya. Dengan kemudi poros belakang sporty dan engine mounting dinamis, sasis didasarkan pada teknologi 911 GT3 dan 911 R. Sistem kontrol seperti Porsche Torque Vectoring (PTV), Porsche Stability Management (PSM) dan PASM dengan sport tuning. 911 Speedster diturunkan 25 milimeter dan mengandalkan velg 20 inci, sedangkan untuk menghentikan laju mobil menggunakan rem PCCB (Porsche Ceramic Composite Brake) dengan cakram rem komposit keramik vented dan berlubang. Porsche 911 Speedster sudah bisa dipesan bulan Mei ini, berminat?(Max)

LEAVE A REPLY