Porsche Cayenne Coupé 440 PS Mengaspal di Indonesia

0
11

PORSCHE meluncurkan varian Cayenne Coupé dengan dibekali kekuatan mesin terbaru V6 2,9 liter dengan twin turbocharging yang mampu menghasilkan tenaga 440 PS (324 kW).

Identitas Porsche sebagai mobil balap legal jalan raya juga ditorehkan pada Cayenne Coupé meskipun basis mobil ini adalah Sport Utility Vehicle (SUV). Torsi maksimum 550 Nm menjamin akselerasi yang kuat. Coupe SUV berakselerasi dari awal hingga 100 km/jam dalam 5,0 detik dikombinasikan dengan mode paket Sport Chrono standar. Angka ini turun menjadi 4,9 detik dengan tiga mode sport ringan opsional. Kecepatan tertinggi yang bisa diraih Porsche Cayenne Coupé adalah 263 km/jam.

Kaca depan dan pilar A lebih rendah daripada model Cayenne sebelumnya,.
Kaca depan dan pilar A lebih rendah daripada model Cayenne sebelumnya,.

Porsche sendiri memperluas jangkauan model Cayenne S Coupé baru, yaitu Cayenne Coupé dengan 250 kW (340 PS) dan Cayenne Turbo Coupé dengan 404 kW (550 PS). Dilihat sepintas, desain sebagai Sport Coupe yang terlihat di bagian belakang, spoiler belakang yang adaptif semakin mempertegas kesan mobil kencang.Desain dua atap panoramik yang terpisahkan dan bangku belakang dengan karakteristik masing-masing kursi mengesankan penampilan futuristik. Berbeda dengan Cayenne sebelumnya, pada versi S Coupe ini posisi duduk penumpang diturunkan sekitar 30 mm.

Posisi Mesin V6 Lebih Rendah

Mesin twin turbo 2,9 liter dari Cayenne S Coupé mampu menghasilkan torsi maksimum 550 Nm dengan rentang putaran mesin yang cukup lebar antara 1.800 rpm dan 5.500 rpm. Kedua knalpot turbocharger telah diatur secara presisi mengimbangi kekuatan yang keluar dari mesin silinder berkonfigurasi V. Alhasil, dengan penempatan yang efisien ini memungkinkannya dipasang di posisi yang lebih rendah di dalam kendaraan. Ini pada gilirannya menurunkan pusat gravitasi dan meningkatkan dinamika lateral. Jalur gas buang yang diperpendek antara ruang bakar dan turbocharger menghasilkan respons mesin spontan dan peningkatan tenaga yang lebih cepat. Manifold buang telah diintegrasikan ke dalam kepala silinder, yang mengurangi berat dan berarti bahwa manifold dikelilingi oleh pendingin. Ini memastikan pembakaran yang sangat efisien, terutama dibawah beban penuh.

Spoiler Atap

Garis atap yang turun lebih tajam ke bagian belakang juga membuat Cayenne S Coupé tampil sangat dinamis. Efek ini didukung oleh spoiler atap yang menonjolkan siluet Coupé yang khas. Kaca depan dan pilar A lebih rendah daripada model Cayenne sebelumnya, ini berkat tepi atap yang telah diturunkan sekitar 20 milimeter. Pintu dan sayap belakang yang dirancang baru memperluas pundak kendaraan hingga 18 milimeter, berkontribusi pada keseluruhan kesan balap.

Desain sebagai Sport Coupe yang terlihat di bagian belakang, spoiler belakang yang adaptif semakin mempertegas kesan mobil kencang.
Desain sebagai Sport Coupe yang terlihat di bagian belakang, spoiler belakang yang adaptif semakin mempertegas kesan mobil kencang.

Di setiap model Cayenne Coupé, spoiler atap tetap dikombinasikan dengan spoiler belakang adaptif terbaru sebagai bagian dari Porsche Active Aerodynamics (PAA). Spoiler yang terintegrasi secara harmonis ke dalam siluet kendaraan dan memanjang hingga 135 milimeter dengan kecepatan 90 km/jam ke atas, meningkatkan downforce pada gandar belakang. Ini memiliki manfaat untuk stabilitas berkendara.

Selain sudah bisa dibeli di seluruh Eropa, Cayenne S Coupe ini juga sudah bisa dipesan untuk pasar Indonesia. Berminat? (Max)

LEAVE A REPLY