Hati-hati Selfie di Jalanan Bisa Kena Denda Lho..

0
9
Seorang pemuda sedang memfoto rekannya di jalur TransJakarta saat libur lebaran, , Rabu (5/6). (MI Susanto)

FENOMENA berswafoto atau selfie yang dilakukan masyarakat di tengah jalan yang sepi yang viral saat libur Lebaran ternyata bisa mendapat hukuman penjara tiga bulan.

Aksi swafoto itu termasuk pelanggaran ketertiban umum. “Selfie di tengah jalan termasuk mengganggu ketertiban umum. Bisa dikenakan undang-undang ketertiban umum masuk dalam tindak pidana ringan,” kata Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir saat dihubungi.

Selfie ditengah jalan secara langsung mengganggu pengemudi kendaraan baik roda dua dan roda empat yang melintas. Risiko kecelakaan sangat tinggi jika melakukan hal tersebut. “Sanksinya bisa kurungan dan denda. Kalo kurungan di bawah tiga bulan tindak pidana ringan hukumannya di bawah satu juta,” ujar Nasir.

Penggunaan jalan untuk aktifitas pejalan kaki maupun masyarakat juga harus memiliki izin dari pemerintah. Jika tidak, penggunaan jalan untuk kepentingan selfie melanggar aturan.

“Prioritas penggunaan jalan hanya untuk kalau ada orang yang menggunakan fungsi jalan tersebut secara permanen misalnya untuk event maka harus izin kepada stakeholder,” ujar Nasir.

Stakeholder yang dimaksud Nasir ialah terdiri dari Pemerintah daerah, Dinas perhubungan, dan Kepolisian selaku pihak yang mengamankan di jalanan.

Nasir menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan swafoto ditengah jalan. Dia meminta masyarakat untuk bijak berprikaku meskipun kondisi jalan lenggang.

“Jalan itu fungsinya ada empat sesuai dengan undang-undang sebagai lalu lintas kendaraan bermotor, kendaraan tidak bermotor, gerobak, sepeda angin dan pejalan kaki,” tegasnya. (MI)

LEAVE A REPLY