New Triton makin Canggih

0
13
New Triton memiliki tampilan yang menyerupai wajah Xpander. (MI/Agus Mulyawan)

PEMBARUAN pada Triton di tampilan depan yang menganut desain Dynamic Shield. Alhasil New Triton menyerupai wajah Xpander.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melakukan penyegaran dari model pikap Triton andalannya di Ballroom Shangri-La Hotel, Selasa (2/7). New Triton ini merupakan salah satu model yang akan dipamerkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), pada pertengahan Juli ini.

“Triton pertama kali diperkenalkan sejak 2002, sehingga sudah 17 tahun Triton ada di Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan populasi Triton sudah mencapai 80 ribu unit di seluruh Indonesia,” kata Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura.

Sementara itu, secara global, Triton sudah ada sejak 40 tahun lalu dan selama itu populasi Triton telah mencapai 4,9 juta unit di seluruh dunia. “Dengan kehadiran New Triton di Indonesia, kami ingin menyumbang angka penjualan global agar bisa mencapai lima juta unit,” tambahnya.

Kendaraan yang diimpor dari Thailand ini hadir dengan sejumlah pembaruan, baik di sektor eksterior, interior, maupun fiturnya. Penyegaran pada New Triton diharapkan mampu semakin memperkuat posisi Mitsubishi yang sudah menguasai pasar kelas small pick-up 4×4 sebesar 63% di Indonesia.

Ubahan yang mencolok terlihat pada tampilan depan yang kini menganut desain Dynamic Shield. Alhasil New Triton memiliki tampilan yang menyerupai wajah Xpander, sedangkan bagian belakangnya dibekali lampu unik yang pola sinarnya menyerupai lampu belakang Pajero Sport.

Triton baru dikembangkan dengan mengusung konsep Engineered Beyond Tough, atau dirancang untuk tidak sekadar tangguh.

Nakamura menyebutkan Triton baru dibangun berdasarkan pengalaman dan teknologi dengan pengembangan lebih dari 40 tahun sejak kendaraan ini pertama kali diluncurkan.

Sekelas mobil mewah

Selain tampilan wajah baru, bagian interior juga dirancang untuk kepraktisan dengan konsol yang simpel dengan lapisan soft pad untuk memberikan kesan lebih mewah dan nyaman.

Triton baru kini dibekali mesin 4N15 yang sama dengan Pajero Sport Dakar, kecuali model HDX. Tenaga maksimal mesin baru ini mencapai 181 ps dan torsi maksimal 430 Nm. Pilihan transmisinya 5 dan 6 percepatan untuk varian manual dan 6 percepatan untuk varian otomatis.

New Triton dibekali sistem penggerak empat roda berteknologi Super Select 4WD-II,(MI/Agus Mulyawan)
New Triton dibekali sistem penggerak empat roda berteknologi Super Select 4WD-II,(MI/Agus Mulyawan)

Berbagai fitur canggih sekelas sedan mewah juga tertanam pada kendaraan berpenggerak empat roda ini, mulai forward collision mitigation system (FCM) yang mencegah tabrakan depan, juga blind spot warning system (BSW) untuk mendeteksi adanya kendaraan mendekat dari sisi kanan atau kiri belakang.

Selain itu, masih ada ultrasonic missacceleration mitigation system (UMS) untuk mencegah tabrakan akibat tak sengaja menginjak pedal gas, rear cross traffic alert (RCTA) yang mendeteksi kondisi lalu litas dari kanan kiri saat parkir dan automatic high beam (AHB) untuk mencegah pengendara lain silau.

Unsur keselamatan juga menjadi dipertimbangkan utama. Karena itu, kabin Triton kini tertanam tujuh buah airbag. Sepasang di bangku depan, sepasang di sisi bangku depan, sepasang di bagian tirai (curtain airbags), plus satu di lutut pengemudi (knee airbag).

Sebagai kendaraan off road sejati, New Triton dibekali sistem penggerak empat roda berteknologi Super Select 4WD-II, yang mampu mendistribusikan tenaga ke roda depan dan belakang secara dinamis sesuai kebutuhan. Selain itu, masih ditambah hill descent control (HDC) yang mengatur kecepatan saat menyusuri jalan menurun.

New Triton hadir dalam enam varian, mulai tipe terendah model single cabin hingga tipe tertinggi model double cabin dari Rp250,5 juta hingga Rp480,5 juta.(MI)

LEAVE A REPLY