Auto2000 Sudirman Bangun Diler Flagship dengan Sentuhan Etni

0
3
Showroom Auto2000 Sudirman Jakarta mengusung konsep etnik dengan tema sejarah Toyota di Indonesia. (MEDCOM)
DILER utama Toyota, Auto2000 memberikan sentuhan ulang pada showroom Auto2000 Sudirman Menara Astra yang kini hadir dengan nuansa Indonesia yang kental. Tidak seperti ruang pamer mobil pada umumnya yang menonjolkan kesan futuristis, showroom Auto2000 Sudirman Menara Astra ini hadir dengan beragam ornamen kerajinan tangan khas Nusantara.
Showroom ini berada di lantai 1 dan 2 gedung Menara Astra yang mengusung tagline ‘Indonesian Natural Wisdom yet Professional Showroom’ ini menjadi showroom satu-satunya di Indonesia yang mengedepankan unsur alami, ramah lingkungan, dan menyajikan suasana personal, hangat dan berkesan.
“Kami ingin memberikan pengalaman unik dan tak terlupakan pada pelanggan Toyota yang datang ke Auto2000 dengan nuansa berbeda, sesuai lingkungan dan behaviour pelanggan, seperti Auto2000 Sudirman Menara Astra yang memang berada di sentra bisnis Jakarta,” ungkap Operation Manager DKI Auto2000 Biyouzmal.
Tidak seperti diler lain yang menjadikan ruang showroom tembus pandang dari luar dan dalam, Auto2000 Sudirman Menara Astra dirancang semi tertutup. Seluruh fasad bagian luar memiliki kaca yang diberi tirai semi transparan banana paper yang terbuat dari pelepah pisang kreasi seniman Bali.
Selain sebagai penghalang masuknya sinar matahari langsung tirai ini berfungsi sebagai visual barrier sehingga pengunjung yang berada dalam ruang pamer lebih fokus pada mobi-mobil yang didisplai. Saat lampu dinyalakan di malam hari, showroom ini memberikan kesan ada lentera yang menyinari showroom dari luar.
Di bagian dinding dalam bagian atas dipenuhi dengan panel kayu dengan ukiran yang menggambarkan perjalanan Auto2000 sebagai bagian dari Astra Group yang dipahat oleh seniman di Yogyakarta. Berbagai kegiatan perusahaan terpahat di seluruh permukaan kayu yang sengaja tidak diberi pelapis agar nampak natural.
Menurut Budi Lim sebagai arsitek perancang showroom Auto2000 Sudirman Menara Astra Material kayu jati pada bagian dinding memanfaatkan kayu bekas gedung Gelora Bung Karno (GBK) sebagai narasi atas value perusahaan ‘reuse-recycle’.
Ia juga mengatakan menghindari material bersifat mengkilap pada bagian showroom. Hal ini terlihat dari hampir seluruh bagian ruangan, seperti lantai dan dinding, tujuannya agar pengunjung lebih fokus pada kendaraan. Jika semua mengkilap maka konsumen menajadi tidak fokus, “Makanya saya memilih bahan-bahan yang tidak mengkilap, supaya hanya mobilnya yang mengkilap,” ujar Budi Lim.

Sentuhan etnik

Untuk bagian langit-langit atau plafon didominasi anyaman rotan yang digarap pengrajin di Cirebon. Anyaman rotan ini memiliki corak khas Indonesia. Selain memberikan nilai estetika tinggi, bahan rotan alami di bagian plafon juga berfungsi untuk meredam pantulan suara sehingga ruang tidak mudah bergema.
Tidak hanya bangunan, komponen furnitur pun dibuat dengan sentuhan alami. Menurut CEO Auto2000 Tujuh Martogi Siahaan, kursi di area customer care terbuat dari bahan kertas kasual. “Sepintas bahan kursi seperti rotan, padahal itu terbuat dari kertas yang berasal dari hutan tanaman produksi, bukan hutan lindung. Ini menegaskan bahwa Astra juga peduli dengan lingkungan,” ujar Martogi dalam sambutannya.
Meskipun tampilannya kental dengan unsur traditional element, showroom ini dilengkapi dengan fasilitas digital yang canggih untuk mempermudah konsumen memperoleh informasi seputar kendaraan dan fasilitas yang tersedia untuk konsumen dan calon konsumen.
Penataan posisi kendaraan juga diatur sedemikian rupa. Seluruhnya menghadap ke bagian depan gedung. Pencahayaannya menggunakan lampu khusus agar sinar yang jatuh pada kendaraan displai akan mempertegas lekuk-lekuk aerodinamika kendaraan tanpa mengubah tampilan warna cat. “Konsumen tidak akan melihat perbedaan warna mobil saat mobil itu dibawa keluar,” jelas Budi Lim.(Noer)

LEAVE A REPLY