Memacu Adrenalin Bersama Kymco Downtown

2
92

TAHUKAH kita kalau sebenarnya skuter metik pertama yang diperkenalkan kepada publik Indonesia adalah Kymco Jetmatic Trend 125 cc pada tahun 2000. Namun seiring berkembangnya pasar, Kymco meredup dikalahkan motor metik merek Jepang.

Kini Kymco, yang merupakan singkatan Kwang Yang Motor Co, Ltd, kembali mencoba keberuntungan mengisi pasar skutik (skuter metik) di Indonesia, apalagi pabrikan skutik asal Taiwan ini punya rekor tertinggi penjualan skutik di Eropa. Salah satu produk skutik unggulan yang mulai merangsek pasar Indonesia adalah Kymco Downtown 250i.

Bukan tanpa alasan Kymco Downtown 250i berhasil mencuri perhatian penggemar skutik premium untuk bersanding dengan Yamaha XMax dan Honda Forza. Untuk menjawab rasa penasaran bagaimana pengalaman mengendarai Kymco Downtown, Motomaxx melakukan test ride skutik gambot berkapasitas 250 cc, belum lama ini.

Untuk kelompok skutik premium 250 cc, tampilan Kymco Downtown ini memang terlihat cukup besar, bahkan saking gedenya, banyak orang yang memperkirakan skutik Kymco ini berkapasitas 400 cc. Desain motor dari depan hingga belakang cukup menarik dan lebih kental dengan gaya eropa, apalagi bagian depan dengan dua lampu utama yang mirip burung hantu semakin mengguatkan kesan gagah dan tajam.

Tampak belakang Kymco Downtown terkesan besar dan lebar. Tingkat kekerasan suspensi Kymco Downtown mudah disesuaikan. (MI/Vicki)
Tampak belakang Kymco Downtown terkesan besar dan lebar. Tingkat kekerasan suspensi Kymco Downtown mudah disesuaikan. (MI/Vicki)

Berada dibalik setang, speedometer kombinasi analog dan digital membuat beragam informasi, mulai dari jam digital, trip A, trip B, penunjuk suhu mesin, odometer dan voltmeter (tegangan aki), AVG realtime dalam satuan mile dan juga kilometer serta jadwal ganti oli. Selain itu ada pula fitur lain seperti lampu hazard, brake lever untuk menyesuaikan jarak tangan dengan tuas rem, engine cut off. Selain itu ada dua laci di depan yang muat handphone dan dilengkapi power outlet untuk mengisi daya baterai ponsel, dan bagasi yang mampu memuat dua helm (half dan full face).

Bagian yang paling mengesankan jika dibandingkan dengan Yamaha XMax dan Honda Forza adalah jok yang lebar dengan lumbar support. Saat mencoba duduk di atas jok, terasa nyaman dan tidak mudah lelah. Motomaxx merasakan kenyamanan jok ini meski melakukan perjalanan pulang pergi dari Pamulang, Banten ke kawasan wisata Tangkuban Prahu, Bandung Jabar. Hanya saja posisi jok setinggi 810/835 mm memang agak sedikit merepotkan bagi mereka yang berpostur di bawah 170 cm, tapi berkat disain pijakan kaki yang menekuk menjadi solusi untuk tidak terlalu jinjit.

Impresi akselerasi

Saat mencoba di jalur Puncak, Bogor, tenaga Kymco Downtown yang mengandalkan mesin 4 Stroke, 4 Valve, SOHC, Full Injection tidak pernah kehabisan tenaga untuk melibas tanjakan maupun jalur berkelok. Karakter mesin yang galak responsif ini sungguh menyenangkan dan sukses mendongkrak adrenalin Motomaxx. Sebenarnya, karakter galak Kymco Downtown ini menandingi Yamaha XMax dan jauh berbeda dengan Honda Forza yang cenderung smooth.

Bicara handling, Kymco Downtown memberikan ‘kepastian’ saat diajak menikung tajam di jalanan berkelok di daerah Lembang, Bandung. Bahkan saat mencoba lari di kecepatan 120 km/jam di jalur Parung, Bogor, sekitar pukul 00.30 dini hari, skutik premium buatan Taiwan ini masih dalam batas toleransi aman. Tentu saja ini tidak boleh ditiru karena kami memang mencoba melakukan test dalam batas maksimal namun tetap mengutamakan keamanan.

Handling dan akselerasi Kymco Downtown cukup mengesankan. (MI/Vicki)
Handling dan akselerasi Kymco Downtown cukup mengesankan. (MI/Vicki)

Masalah keselamatan memang harus menjadi perhatian, apalagi skutik seharga Rp68 juta ini belum dilengkapi fitur antilock braking system (ABS) seperti kedua kompetitornya di kelas 250 cc. Meski begitu, rem cakram depan berukuran 260 mm dengan kaliper tiga piston dan rem cakram belakang 240 mm dengan kaliper dua piston cukup pakem menghentikan laju dari kecepatan tinggi.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Kymco Downtown 250i, PT Smart Motor Indonesia selaku pemegang lisensi Kymco di Indonesia yakin skutik premiumnya menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan bagi penyuka touring.(Max)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY