Range Rover Evoque Generasi Kedua Mengaspal

1
3

PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), distributor Jaguar dan Land Rover (JLR) di Indonesia, meluncurkan generasi kedua dari Range Rover Evoque untuk menggantikan generasi pertama yang telah diluncurkan sejak 2013. Sport utility vehicle (SUV) mewah ini dibangun menggunakan platform Premium Transverse Architecture terbaru milik Land Rover.

Meskipun berstatus ‘All-New‘, pihak Land Rover sebagai prinsipel berusaha tetap mempertahankan ciri khas Evoque berupa siluet coupe dengan garis pinggul tinggi. Aura eksklusif semakin kuat dengan hadirnya roda-roda berukuran 21 inci yang menghiasi kaki-kakinya.

Perbedaan paling menonjol tampak pada lampu utama yang kini dibekali teknologi matrix LED supertipis, yang membuat kian stylish dan agresif.

Meskipun sepintas bentuk gril depan nyaris tidak berubah dari pendahulunya, kesan segar tetap terasa dengan desain ‘lubang udara besar’ di bagian bawah lampu utama.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dituangkan dengan penggunaan material alam daur ulang seberat hingga 33 kg. Konsumen bisa memilih material kabin alternatif selain kulit hasil pengembangan pakar tekstil Kvadrat asal Denmark. Material ini berupa perpaduan wol dan kain katun dinamica yang terbuat dari 53 botol plastik daur ulang pada setiap mobilnya. Ada pula pilihan tekstil serat alami dari pohon eucalyptus.

Dua layar besar dan tombol kendali sistem infotainment Touch Pro Duo, melahirkan juga fitur unggulan baru berupa Clear Sight Ground View. Hal itu terinspirasi dari konsep ‘kap mesin transparan’ Land Rover yang pernah diterapkan pada konsep discovery vision. Memanfaatkan kamera di gril depan dan spion samping, citra yang tertangkap diproyeksikan pada layar utama membuat pengemudi seolah-olah dapat melihat langsung permukaan medan di bawah mesin kendaraan dengan tampilan virtual 180 derajat.

2019-Range-Rover-Evoque

Fitur Touch Duo Pro sendiri menggabungkan dua layar sentuh HD ukuran 10 inci dan layar penel instrumen 12,3 inci di balik roda kemudi plus head up display (HUD) yang diproyeksikan di kaca depan.

Kabin All New Evoque juga dilengkapi dudukan tablet click & go dengan kemampuan charger. Bagi pencinta gawai terdapat enam slot USB di seantero kabin.

Fitur lainnya berupa spion bagian dalam yang dapat berubah menjadi layar monitor HD dapat menampilkan citra yang tertangkap kamera di bagian atap belakang sehingga memberikan sudut pandangan 50 derajat lebih luas tanpa perlu terhalang pilar, penumpang belakang, atau tumpukan barang di bagasi.

Model paling sukses

Untuk urusan performa All New Evoque dipersenjatai mesin 4 silinder Ingenium 2.0 liter turbo berkemampuan maksimal 249 PS pada 5.500 rpm dengan torsi maksimal 365 nm antara 1.200-4.500 rpm. Dikombinasi transmisi otomatis 9-speed-nya kendaraan bersistem penggerak 4WD ini mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 7,5 detik dengan kecepatan puncak mentok di angka 230 km/jam.

Brand Director Jaguar Land Rover, Jentri Izhar mengatakan, meskipun memiliki penampilan yang stylish dan fashionable, All New Evoque tetap memiliki DNA Land Rover yang kental untuk kemampuan off road-nya. Dengan ground clearance 212 mm, Evoque generasi baru ini juga mampu mengarungi kedalaman air setinggi 600 mm.

Jentri menambahkan, Evoque merupakan salah satu model paling sukses yang berhasil terjual secara global lebih dari 770 ribu unit, termasuk hampir 300 unit terjual di Indonesia sejak 2013. “Mendapatkan 217 penghargaan internasional sejak kelahirannya, New Evoque merupakan evolusi terkini yang mendapatkan berbagai teknologi terbaru milik Land Rover untuk memenuhi kebutuhan para konsumen SUV kelas premium,” papar Jentri di Jakarta, Jumat (2/8).(MI)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY