Volvo Kenalkan Teknologi Setir Antilelah

187
28

VOLVO Trucks Indonesia Memperkenalkan Volvo Dynamic Steering (VDS), sebuah teknologi kemudi yang sangat memudahkan dan mengurangi kelelahan dalam mengemudi. VDS menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi.

Sistem ini mengurangi tenaga yang dibutuhkan dalam mengemudi hingga 85% dan meredam hentakan roda kemudi akibat permukaan jalan tidak rata dan menjaga truk tetap lurus sesuai arah yang dituju pengemudi.

Inovasi ini membuat pengemudian lebih presisi dan memberikan pengemudi truk Indonesia lingkungan kerja yang lebih aman, nyaman, menyenangkan. VDS membuat truck Volvo aman dan mudah dikemudikan: bahkan seekor hamster bisa menyetir truk.

“Teknologi yang dipatenkan ini bermanfaat bagi pengemudi truk di Indonesia di setiap kondisi operasi. Di jalan bebas hambatan, sistem VDS memberikan stabilitas arah kendaraan yang tak tertandingi. Di jalan “off-road“, pada kecepatan rendah, truk yang penuh muatan pun akan sangat mudah dikendalikan sehingga pengemudi dapat melakukannya dengan satu jari,” ungkap Managing Director Volvo Trucks Indonesia Jurn Terpstra.

VDS

Sistem VDS bekerja pada sistem kemudi konvensional yang diletakkan pada batang poros kemudi, berupa motor listrik yang dikontrol secara elektronik. Sementara untuk meringankan kemudi tetap digunakan Unit servo hidrolik.

Motor listrik pada VDS bekerja sama dengan power steering hidrolik yang menyesuaikan diri ribuan kali per detik tergantung kondisi berkendara lewat pengaturan dari unit kontrol elektronik.

Pada kecepatan rendah, motor listrik menambah tenaga ekstra dan pada kecepatan lebih tinggi, motor listrik secara otomatis mengontrol kemudi dan melakukukan kompensasi atas tekanan yang terjadi pada roda kemudi, misalnya akibat dorongan angin samping atau permukaan jalan yang tidak rata.

“Fungsi motor listrik adalah memberikan pengendalian yang akurat di setiap saat pengoperasian. Contohnya, ketika sensor sistem mencatat bahwa pengemudi ingin melaju lurus ke depan, maka sistem secara otomatis memastikan tidak ada hambatan permukaan jalan yang mempengaruhi arah roda kemudi,” papar Jurn.

Pada kecepatan rendah, sambung Jurn, bantuan motor listrik membuat truk ini jadi sangat mudah dikendalikan. Bahkan truk dengan sarat muatan yang berjalan di jalan off-road dapat dikemudikan tanpa kesulitan sedikit pun. Ada perumpamaan, ‘seekor hamster pun bisa menyetir truk’.

VDS sudah tersedia di Indonesia untuk truk rigid dan prime mover poros depan tunggal 6×4 dan poros depan ganda 8×4, namun untuk sementara fitur ini belum tersedia untuk truk all-wheel drive.

Truk on-road dan off-road dapat dilengkapi dengan Volvo Dynamic Steering. Saat ini truck dengan Volvo Dynamic Steering pertama sudah mulai diterima oleh pelanggan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara di Kalimantan.

“Dalam salah sebuah survei yang kami lakukan sebelumnya, empat dari sepuluh pengemudi mengeluhkan nyeri di punggung, leher, bahu atau lengan setiap minggunya. Dengan mengembangkan sistem kemudi ini, kami menawarkan kondisi mengemudi yang lebih santai untuk pengemudi truk Volvo. Kami percaya bahwa Volvo Trucks dapat mendorong kemajuan kenyamanan dan keselamatan mengemudi di Indonesia, “pungkas Jurn.(Noer)

187 COMMENTS

LEAVE A REPLY