Honda PCX Electrik Utamakan Keamanan dan Kenyamanan

Secara tampilan kendaraan ini tidak jauh berbeda dengan varian PCX tipe Combustion Engine, PCX Electrik lebih mengedepankan faktor keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

1
25
PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Honda PCX Electric pada gelaran Indonesia Electric Motor Show di Jakarta, pekan lalu. (Dok:AHM)
PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Honda PCX Electric pada gelaran Indonesia Electric Motor Show di Jakarta, pekan lalu. (Dok:AHM)

 

PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Honda PCX Electric pada gelaran Indonesia Electric Motor Show di Jakarta, pekan lalu.

Raimond, Astra Honda Motor Sales Division menerangkan meski secara tampilan tidak jauh berbeda dengan varian PCX tipe Combustion Engine, PCX Electrik lebih mengedepankan faktor keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

“Fitur fiturnya sebetulnya sama dengan PCX Combustion, namun dengan perbedaan jenis mesin terdapat sejumlah safty sistem tambahan,” terang Raimond di Jakarta, Kamis (5/9).

Ia mencontohkan, tutup tangki bensin kini diganti dengan kabel bila terbuka mesin secara otomatis tidak akan menyala. Begitu juga bila jok motor terbuka atau tidak tertutup rapat mesin tetap tidak bisa dinyalakan.

Pada seri elektrik ini, Honda menambahkan fitur kemiringan tertentu yang dapat secara otomatis mematikan mesin. Sehingga ketika terjadi kecelakaan dan terjatuh motor akan langsung mematikan mesinnya sehingga tidak berbahaya bagi pengemudi dan orang sekitar.

“Baterai juga sudah kita uji jatuh dan sisi keamanan dengan standar keamanan tertinggi di Eropa. Bahkan untuk banjir maksimal 30 cm kita masih bisa jalan, tetapi di atas itu mesin akan otomatis mati dan ketika sudah di jalanan kering mesin dapat kembali dinyalakan,” terang Raimond.

Motor listrik yang baru dikembangkan pada PCX Electric ini menggunakan dua baterai lithium-ion, masing-masing 50,4V dengan densitas tinggi yang dipasang secara serial. Konstruksi motor listrik menggunakan struktur Interior Permanent Magnet (IPM) agar mendapatkan efisiensi energi dan performance motor listrik yang optimal.

PCXELECTRIC2

Pengisian baterai

Honda PCX Electrix menghasilkan output maksimum 4.2kW yang didapat sejak putaran rendah, dengan akselerasi lembut. Torsi maksimal 18 Nm @500 rpm. Unit daya yang kuat dan ringkas sanggup menjaga suhu sepeda motor serta mengontrol aliran listrik secara lancar dan presisi. Sistem elektrifikasi ini membuat pompa oli, radiator, dan kopling tidak diperlukan.

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off – board . Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on – board (terkoneksi langsung dengan listrik) dari rumah dengan masa pengisian 6 jam.

Untuk kecepatannya Honda PCX Electric maksimum pada 65 Km per jam untuk jarak tempuhnya 69 Km dengan kecepatan konstan pada 40 Km per jam di track lurus mapun tanjakan 20 drajad dengan beban sekitar 100 Kg. Raimond menerangkan bila kecepatannya naik turun maka jarak tempuhnya akan menyesuaikan.

Honda PCX Electric memiliki jarak sumbu roda lebih panjang, dipadu dengan hugger belakang, untuk mengakomodasi dua baterai ditempatkan pada ruang bagasi, namun tetap memberikan ruang optimal untuk pergerakan roda belakang. Adanya penyesuaian tersebut membuat PCX Electric tetap memiliki kemudahan untuk penggunaan di daerah perkotaan dan posisi berkendara yang nyaman seperti PCX pada umumnya.

Selain dimensi sumbu roda yang lebih panjang, PCX Elektrik juga menggunakan tipe suspensi belakang lebih panjang, dipadukan dengan letak motor listrik yang optimal. Hal ini berkontribusi terhadap rendahnya getaran yang dihasilkan dan pengendaraan yang halus. Demi keamanan, roda depan sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS). (Dro)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY