Rantai Terawat, Naik Motor Kian Nikmat

Sebagai komponen yang bersinggungan dengan komponen lain maka rantai juga butuh pelumasan.

373
65
RANTAI Cara-Merawat-CVT-pada-Motor-Matic-2sepeda motor adalah salah satu komponen penting yang harus diperhatikan dan harus dijaga kebersihannya dari pasir, debu dan air untuk agar berfungsi dengan baik. Pasalnya rantai adalah komponen yang menyalurkan tenaga mesin ke roda.
Sebagai komponen yang bersinggungan dengan komponen lain maka rantai juga butuh pelumasan. Selain untuk mencegah keausan, pelumasan juga berfungsi mencegah korosi. Rantai yang kering tanpa pelumasan akan cenderung berisik.
Untuk melakukan perawatan raintai bisa  menggunakan pelumas khusus rantai yang banyak dijual di toko aksesori dan bengkel kendaraan. Namun sebelum memberikan pelumas pada rantai, sebaiknya periksa kondisi dan kebersihan rantai.
Sebelum membersihkan rantai perhatikan jenis rantai motor Anda. Pada motor tertentu seperti Honda NSR, memiliki sistem pelumasan tertutup berupa gemuk khusus di antara sambungan mata rantai.
Agar gemuk tersebut tidak cepat habis, tiap mata rantai dibekali dengan seal karet. Oleh karena itu tidak dianjurkan untuk membersihkan rantai jenis ini menggunakan minyak tanah maupun bensin karena akan merusak karet-karet seal yang ada.
Untuk membersihkannya bisa menggunakan air hangat dan deterjen lembut. Untuk mempermudah menjangkau celah-celah rantai bisa menggunakan bantuan sikat gigi bekas, lalu keringkan segera.
Namun jangan biarkan rantai basah terlalu lama. Segera keringkan menggunakan lap kain atau dengan bantuan kompresor udara, lalu semprotkan pelumas rantai secukupnya secara merata. Hal ini untuk mencegah timbulnya karat akibat zat kimia pada sabun krim yang ‘tajam’.
arantan-honda-silverwing

Bersihkan Secara Rutin

Untuk rantai sepeda motor jenis konvensional dapat dibersihkan dengan minyak tanah, atau minyak solar dan sikat gigi. Lakukan pembersihan diseluruh bagian hingga ke celah-celah rantai lalu keringkan dan lumasi dengan pelumas rantai.
Selain membersihkan rantai, jangan lupa bersihkan juga komponen roda gigi/gear depan maupun belakang dengan menggunakan minyak tanah atau minyak solar plus kuas atau sikat gigi bekas lalu keringkan.
Rantai dan gear sepeda motor yang bersih terawat, selain enak dilihat dan tidak berisik, juga membuat komponen tersebut lebih panjang usia pakainya. Ujung-ujungnya tentu akan menghemat biaya perbaikan dan penggantian komponen.
Tidak disarankan menggunakan gemuk karena sifat gemuk yang lengket membuat pasir dan debu mudah menempel pada permukaan gear dan rantai. Pasir yang menempel memiliki sifat abrasif yang meningkatkan keausan dan memperpendek usia pakai rantai dan gear sepeda motor.
Selain memperhatikan kebersihan rantai, periksa dan sesuaikan ketegangan rantai agar rantai tidak memberikan dampak menghentak saat motor berakselerasi maupun deselerasi. Rantai yang kendur juga akan menimbulkan suara berisik yang mengganggu kenyamanan berkendara. (cdx)

373 COMMENTS

LEAVE A REPLY