TSS, Fitur Unggulan All New Corolla Altis Hybrid

Sistem TSS sementara khusus untuk tipe Corolla hybrid dan tidak bisa dipasang di tipe lain karena sistem ini menggunakan radar dan sensor.

1
15
All New Corolla Altis Hybrid telah dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang canggih dan lengkap dengan Toyota Safety Sense (TSS). (DOK/TAM)

SEDAN selalu identik dengan kesan elegan dan kenyamanan dalam berkendara dan tentunya keselamatan. Hal tersebut sangat dipahami oleh Toyota. Kini Toyota ingin memberikan sentuhan tambahan dari nilai unggulan tersebut, khususnya keselamatan dalam series terbaru dari Corolla Altis Hybrid.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan All New Corolla Altis Hybrid telah dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang canggih dan lengkap dengan Toyota Safety Sense (TSS). Di Indonesia Toyota baru memperkenalkannya pada All New Corolla Altis dan belum kepada model lainnya.

“Sistem TSS sementara ini memang khusus untuk tipe Corolla hybrid dan tidak bisa dipasang di tipe unit (Corolla) lain karena sistem ini menggunakan radar dan sensor karena fitur-fiturnya nyambung semua dengan mesin dengan pengereman dan lainnya, jadi memang agak kompleks sebetulnya fitur-fiturnya. Sistem ini memang pertama kali diluncurkan untuk di Indonesia,” terang Anton di Jakarta, Kamis (12/9).

Namun, Anton tidak menutup kemungkinan ke depannya diterapkan di model lainnya. Meski memang menurutnya, fitur TSS menjadi nilai lebih bagi All New Corolla Hybrid.

“Saya rasa di segmen harga lima ratusan juta (rupiah) dengan fungsi safety setinggi ini, mungkin Corolla salah satu leadernya, dan kita cukup percaya diri bahwa ini menjadi salah satu selling poin dari seri ini,” terang Anton.

Sejumlah fitur keselamatan yang lengkap dan canggih dari TSS ialah Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), serta Automatic High Beam (AHB).

Aman bagi semua
Anton menjelaskan, fitur-fitur tersebut sangat canggih dengan menggunakan sensor, kamera serta radar dan dapat membantu dalam kondisi kondisi tertentu hingga kondisi kritis, misalnya pengereman.

Untuk fitur Pre-Collision System (PCS) sensor kendaraan akan menilai sejumlah kemungkinan terjadinya tabrakan dengan melihat keberadaan mobil di depan. Sistem ini dapat mengambil alih sehingga dapat melakukan pengereman secara otomatis.

Untuk Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Anton menjelaskan sistem ini akan sangat membantu dengan jalan tol yang panjang seperti Trans Jawa. Sistem ini membantu pengemudi untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depannya secara otomatis.

Fungsi lainnya dari TSS yakni Lane Departure Alert (LDA), dalam sistem ini sangat membantu pengendara untuk mengantisipasi kondisi tertentu yang membuat mereka berpindah jalur saat berkendara, misalnya karena mengantuk.

“Dengan menggunakan sensor dan kamera, akan menangkap marka jalan dan pemisah jalur yang berwarna putih. Sistem ini dapat memberikan peringatan kepada pengemudi kalau terjadi deviasi atau keluar dari jalurnya. Selain itu juga dapat secara otomatis mengembalikan posisi kendaraan ke posisi normal,” tutur Anton.

Sedangkan Automatic High Beam, berfungsi lampu kendaraan dapat secara otomatis menyesuaikan dari high beam (lampu jauh) ke low beam (lampu dekat) ketika ada kendaraan lain dari arah berlawanan. Sistem ini akan membantu pengendara lain untuk dapat lebih aman dalam berkendara.

Dalam kesempatan yang sama Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Kazunori Minamide menerangkan bahwa TSS merupakan paket sistem keamanan yang tidak hanya melindungi pengendara maupun orang yang ada di dalam mobil tetapi juga melindungi orang dan pengendara yang di luar mobil.

Sebagaimana diketahui dalan varian teknologi hybrid, All New Corolla menggunakan motor listrik P610 HEV transaxle dengan power 72 PS atau setara dengan Hybrid 4-cylinder yang dikombinasikan dengan mesin 2ZR-FXE yang memberikan kenyamanan berkendara sekaligus ramah lingkungan.  (S-1)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY