Apa Kata Builder Taiwan Tentang Motor Custom Indonesia?

Winston Yeh, builder dari Rough Crafts, Taiwan, merupakan juri internasional di Custom Bike Contest Suryanation 2019 Denpasar. Ia mengatakan dunia custom di Indonesia sudah sangat berkembang.

4
15
Winston Yeh (pegang mikrofon) sebagai builder Asia kelas dunia, menyampaikan pendapat tentang motor custom Indonesia. (FOTO:ALUN)

CUSTOM movement, gerakan custom, maupun budaya kustom alias custom culture di lingkup otomotif Tanah Air belakangan ini memang kian mendunia. Banyak karya kustom anak bangsa, mampu mencatatkan prestasi membanggakan di mancanegara.

Berbagai wadah custom culture skala nasional maupun internasional telah tersedia. Di antaranya Suryanation Motorland Battle, dengan salah satu aktivitasnya, Custom Bike Contest. Suryanation Motorland sebagai salah satu ruang aspirasi dan kreativitas budaya kustom di Indonesia yang memang selalu dinanti-nanti kehadirannya.

Seperti yang baru saja berlangsung, seri keempat Suryanation Motorland Battle 2019, di Lapangan Pantai Matahari Terbit, Denpasar, Sabtu (28/9). Selain dipenuhi belasan ribu penikmat rangkaian acara penuh inspirasi, sebanyak 151 motor peserta dari berbagai wilayah juga berhasil menghipnotis siapapun yang datang, dan mampu membuat para juri terpukau.

Dewan juri nasional, terdiri dari Veroland Kickass Choppers, dan Dodi Chrome Cycles menyatakan kekaguman pada para peserta Custom Bike Contest Suryanation Motorland Denpasar. Karena dari komposisi gaya custom yang dihadirkan sangat bervariatif. Secara jumlah peserta juga yang terbanyak dibanding tiga kota sebelumnya; Medan, Palembang dan Makassar.

Tak hanya juri nasional yang terkagum-kagum. Juri internasional pun demikian. Winston Yeh, builder dari Rough Crafts, Taiwan, merupakan juri internasional di Custom Bike Contest Suryanation 2019 Denpasar. Ia mengatakan dunia custom di Indonesia sudah sangat berkembang.

Banyak motor custom karya builder Indonesia begitu menarik perhatian Winston. “Jujur, ini merupakan kunjungan pertama saya ke Indonesia. Dan jujur juga, saya menyukai karya-karya custom yang dihasilkan di Suryanation Motorland Battle Denpasar ini,” kata Winston yang begitu ramah kepada wartawan.

Menurut Winston Yeh, dunia custom roda dua di Indonesia sudah banyak mengalami kemajuan. (FOTO:ALUN)
Menurut Winston Yeh, dunia custom roda dua di Indonesia sudah banyak mengalami kemajuan. (FOTO:ALUN)

Banyak lakukan riset

Meski begitu, Winston tetap memberi masukan kepada para builder Nusantara. Hendaknya banyak melakukan riset, mengenai perkembangan custom di dunia. Kemudian fokus membuat ciri khas pada karya custom yang menonjolkan jati diri sang builder.

“Ini yang akan menjadi nilai terkuat bagi seorang builder, ketika membuat sebuah karya. Cobalah untuk tidak mencontoh karya orang lain, dan banggalah dengan brand sendiri, merek sendiri, ciri khas sendiri,” tambah Winston.

Wajar Winston berkata demikian. Karena walaupun sebagai builder Asia, eksistensi dan ciri khasnya telah mengantar Winston ke tingkat dunia.

Ia memulai usaha Rough Crafts, sebuah profesional power house workshop pada 2009. Usaha Winston mengkhususkan diri dalam penggarapan motor custom, desain grafis, pengembangan produk, dan street art. Lalu, ia gabungkan semua dan ia kelola dengan ciri khas sendiri.

Karena keahliannya, Winston pun pernah mengenyam pengalaman bekerja dengan Roland Sands, salah satu builder ternama di Amerika Serikat. Roland Sands hingga kini juga memproduksi spare parts, dan aksesoris custom terkenal di mancanegara.

Yang pasti, kecintaan Winston pada dunia custom roda dua, telah membuatnya bisa menghasilkan karya-karya unik dan detail. Dimana karya-karyanya telah banyak mendapatkan pengakuan internasional. (S-1)

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY