Suzuki Club Reaksi Cepat Siap Gerak untuk Kemanusiaan

SCRC telah memiliki kantor Sekretariat Pusat di Jakarta, dengan Sekretariat Daerah berlokasi di Bekasi, Semarang, Lampung, Kalimantan, Bali, dan Lombok.

1
10

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi memperkenalkan Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC). Pasukan reaksi cepat ini diluncurkan bertepatan dengan perayaan Jambore Suzuki Club, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sebenarnya secara spontan, SCRC berdiri sejak 10 Agustus 2018. Saat itu dibentuk oleh beberapa komunitas resmi mobil Suzuki yang terlibat dalam penanggulangan bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Seiring waktu berjalan, gagasan cemerlang untuk membentuk Suzuki Club Reaksi Cepat semakin kuat. Terlebih, ketika ada aktivitas bakti sosial membantu penanggulangan korban bencana alam gempa bumi yang terjadi di Lombok.

Ketika itu club Suzuki Jip Indonesia (SJI) bekerja sama dengan Indonesia Off-road Federation (IOF) dan satuan petugas penanggulangan bencana yang ada, membutuhkan armada tambahan. Khususnya, untuk mengirim bantuan logistik ke daerah-daerah terpencil yang terdampak bencana.

Sehingga akhirnya mereka pun coba berkolaborasi dengan Suzuki Karimun Club Indonesia (KCI). Sejak saat itulah terjadi sinergi antarclub, yang tentunya berdampak positif. Hal ini kemudian diikuti komunitas resmi Suzuki lainnya dalam melakukan kegiatan bakti sosial.

Hingga saat ini, SCRC telah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan, terutama dalam skala nasional seperti bencana gempa bumi Lombok dan tsunami Palu.

SCRC bergerak mendistribusikan logistik, membangun jaringan pipa air bersih, pengobatan korban luka, membantu ibu hamil yang akan melahirkan, pembangunan hunian sementara, hingga menjangkau daerah-daerah terdampak bencana yang sulit ditembus.

Suzuki Club Reaksi Cepat sedang unjuk kebolehan di acara Jambore Suzuki Club TMII. (Dok.SIS)
Suzuki Club Reaksi Cepat sedang unjuk kebolehan di acara Jambore Suzuki Club TMII. (Dok.SIS)
Suzuki Club Reaksi Cepat unjuk kebolehan menangani korban kecelakaan lalu lintas. (Dok.SIS)
Suzuki Club Reaksi Cepat unjuk kebolehan menangani korban kecelakaan lalu lintas. (Dok.SIS)

Terdaftar di BNPB
Selain diresmikan oleh PT SIS, SCRC juga ternyata telah terdaftar di institusi pemerintah, yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

“Dengan resminya Suzuki Club Reaksi Cepat ini, kami harap seluruh komunitas resmi Suzuki dapat turut mengambil bagian dalam gerakan kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan,” jelas Ketua Umum SCRC R Keliek Pangestu.

Dengan begitu, tambah Keliek, club dan komunitas resmi Suzuki dapat semakin ‘Bersatu Untuk Negeri Bergerak Demi Kemanusiaan’. “Seperti laiknya moto SCRC selama ini,” ucapnya.

Saat ini, SCRC telah memiliki kantor Sekretariat Pusat di Jakarta, dengan Sekretariat Daerah berlokasi di Bekasi, Semarang, Lampung, Kalimantan, Bali, dan Lombok.

Selain anggota bersumber dari 14 club resmi yang bernaung di bawah PT SIS, SCRC juga menerima relawan umum yang tertarik oleh program, dan kegiatan mereka. Namun, tetap melalui seleksi yang dilakukan oleh pengurus organisasi. (S-5)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY