Kisah Cinta Dibalik Triumph Flat Track ‘Ontoseno’

Ontoseno sebagai motor custom berkonsep flat track race dan berbasis Triumph T140 Bonnevile 750 dipersembahkan sebagai hadiah Lucky Draw Kustomfest 2019.

2
10

SETIAP perhelatan ajang bergengsi custom culture, Kustomfest, motor Lucky Draw yang bakal dihadirkan sering menjadi pertanyaan besar bagi pegiat custom maupun masyarakat. Kemunculannya selalu ditunggu, khususnya oleh penikmat Kustomfest yang setia hadir di setiap tahun penyelenggaraan.

Sosoknya yang acapkali terkesan misterius selalu jadi bahan perbincangan di berbagai media nasional maupun mancanegara.

Pada perhelatan ke-8 ini atau tepatnya Kustomfest 2019, ‘Back To The Roots’ yang baru saja berlalu, Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi beserta Tim Retro Classic Cycles menghadirkan motor Lucky Draw yang dibuat berdasarkan inspirasi, pengalaman, serta filosofi mendalam.

Kesemuanya serta merta dilebur menjadi satu dan dituangkan dalam wujud motor Lucky Draw yang pada Kustomfest tahun ini dinamakan ‘Ontoseno’.

Nama Ontoseno untuk motor custom berkonsep flat track race dan berbasis Triumph T140 Bonnevile 750 sebagai hadiah Lucky Draw Kustomfest 2019 ini bukanlah sembarangan.

Diambil dari kisah pewayangan, Lulut menjelaskan, Ontoseno merupakan Satria Pandawa, putra Werkudoro (Bimo), yang mengorbankan dirinya untuk kemenangan dan kejayaan Pandawa di perang Baratayudha.

“Ontoseno merupakan representasi yang nyata tentang jiwa dan semangat berani berkorban demi negara dan orang-orang yang dicintainya,” kata Lulut.

Menurut Lulut, pengorbanan seperti yang dilakukan Ontoseno tersebut, kiranya sudah sangat langka di zaman milenial ini.
“Pengorbanan yang dilakukan era sekarang ini kebanyakan disisipi kepentingan tertentu bukan pengorbanan demi kebaikan bersama. Dan ini saya terapkan pada Ontoseno yang berwujud motor custom yang menganut gaya flat track race,” urainya.

Ontoseno, motor custom dengan kisah cinta dalam dunia pewayangan di belakang pembuatannya. (Dok. Retro Classic Cycles)
Ontoseno, motor custom dengan kisah cinta dalam dunia pewayangan di belakang pembuatannya. (Dok. Retro Classic Cycles)
Menjajal Ontoseno, motor custom berbasis Triumph Bonnevile berkonsep Flat Track Race, sebagai hadiah Lucky Draw Kustomfest 2019. (Dok. Retro Classic Cycles)
Menjajal Ontoseno, motor custom berbasis Triumph Bonnevile berkonsep Flat Track Race, sebagai hadiah Lucky Draw Kustomfest 2019. (Dok. Retro Classic Cycles)

 
Semangat pengorbanan
Di dunia pewayangan, memang sosok Ontoseno tidaklah se-populer sosok Gatotkaca yang sudah memiliki nama besar. Meski tidak populer, Ontoseno berani mengambil keputusan atas dasar kecintaannya yang besar terhadap negara yang ia sayangi. “Hal tersebut yang mendasari saya memilih sosok Ontoseno,” papar Lulut.

Kehadiran Ontoseno diharapkan mampu membuat level berpikir yang seimbang. Tidak hanya menuntut, namun juga berpikir apa yang bisa diberikan dan dikorbankan.

“Jadi bisa dikatakan, Ontoseno adalah motor triumph flat track dengan semangat pengorbanan demi negara dan orang-orang yang dicintainya,” seru Lulut di Jogja Expo Center (JEC) beberapa waktu lalu. (S-5)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY