PowerShot G7 X Mark III Bikin nge-Vlog Kian Menyenangkan

PowerShot G7 X Mark III mengkombinasikan teknologi seperti sensor CMOS berukuran 1 inci dan prosesor gambar DIGIC 8 yang ditanam di dalamnya dan lebih besar dari sensor kamera kompak kebanyakan.

1
10

AKTIVITAS nge-vlog belakangan ini semakin digemari masyarakat. Untuk mendukung aktivitas tersebut, vlogger butuh perangkat memadai agar nge-vlog sebagai hobi menjadi lebih optimal.

Datascrip, distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia, pada 3 November lalu meluncurkan keluarga Canon G Series, PowerShot G7 X Mark III.

Produk ini diklaim sebagai kamera andalan para vlogger. Seperti diutarakan Canon Division Director PT Datascrip Merry Harun, Canon G-series memberikan solusi kebutuhan kamera di antara model point-and-shoot dan interchangeable lens.

“PowerShot G7 X Mark III mengintegrasikan fitur-fitur baru, peningkatan performa dan unsur-unsur terbaik dari seri PowerShot maupun EOS sehingga menjadikan sebagai kamera andalan, khususnya untuk videografi,” ujarnya.

Secara teknis, PowerShot G7 X Mark III mengkombinasikan teknologi seperti sensor CMOS berukuran 1 inci dan prosesor gambar DIGIC 8 yang ditanam di dalamnya dan lebih besar dari sensor kamera kompak kebanyakan.

Teknologi ini meningkatkan performa kamera dengan auto fokus lebih cepat serta menghasilkan gambar terang dan tajam di berbagai kondisi cahaya.

Pengambilan gambar minim cahaya saat cuaca mendung, malam hari, atau di ruangan kurang cahaya tak jadi masalah. Pasalnya rentang ISO pada kamera ini diperluas hingga 25.600 sehingga noise yang dihasilkan sangatlah minim.

Selain itu PowerShot G7 X Mark III memiliki bukaan lensa Lebar  f/1.8-2.8 sehingga memberi keleluasaan untuk pengambilan gambar dengan efek menawan. PowerShot G7 X Mark III kamera ini memilki focal length 24-100mm dengan optical zoom 4,2x.

Rentang focal length yang luas juga mengakomodasi pengguna mengambil beragam kebutuhan foto. Mulai dari landscsape, portrait, macro hingga pengambilan video selfie yang biasa dilakukan vlogger. Sebab, kamera ini juga didukung LCD yang bisa ditekuk 180 derajat.

Pengguna PowerShot G7 X Mark III juga dapat mengaktifkan mode panoramic shot untuk melakukan foto panorama. Tinggal tekan tombol shutter, pengguna bisa melakukan panning horisontal atau vertikal demi menghasilkan gambar panorama berkualitas tinggi tanpa software editing tambahan.

PowerShot G7 X Mark III dengan Canon Tripod Grip HG-100TBR. (Dok. Datascript)
PowerShot G7 X Mark III dengan Canon Tripod Grip HG-100TBR. (Dok. Datascript)
PowerShot G7 X Mark III dengan LCD yang dapat ditekuk 180 derajat. (Dok. Datascript)
PowerShot G7 X Mark III dengan LCD yang dapat ditekuk 180 derajat. (Dok. Datascript)

High speed shooting
Canon PowerShot G7 X Mark III diperkuat high speed shooting 30 fps. Ini mengingat salah satu tantangan memotret subjek yang bergerak cepat adalah menangkap satu frame terbaik saat subjek berada pada fokus dan posisi yang diinginkan.

Pengaturan pre-shoot pada Canon PowerShot G7 X Mark III akan mulai 0,5 detik sebelum menekan tombol shutter. Dengan begitu, momen akan tertangkap meski pengguna menekan tombol shutter beberapa saat kemudian.

Foto dapat dijepret pada kecepatan tinggi yakni 30 fps dalam mode RAW (dan 20 fps dalam JPEG) memastikan momen penting yang bergerak tak terlewatkan. Canon tipe ini juga dapat merekam video 4K tanpa krop.

Lensa wide 24mm nya bisa memaksimalkan pengambilan video landscape. Dengan merekam video 4K pada format JPEG, pengambilan frame tertentu bisa dilakukan. Ini memungkinkan untuk me-review footage kapan pun, memilah momen dari video dan menyimpannya sebagai gambar 8MP JPEG berkualitas tinggi.

PowerShot G7 X Mark III dilengkapi fungsi livestreaming yang mendukung video streaming dari kamera ke YouTube. Bisa dibilang ini menjadi fitur andalan bagi para vlogger. Selama terkoneksi Wi-Fi, kamera dapat digunakan seperti smartphone untuk kegiatan livestream.

Meski sudah dibekali oleh mikrofon stereo internal untuk meningkatkan kualitas rekam suara, kamera ini dilengkapi pula dengan jack mikrofon 3,5 mm. (S-5)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY