FlatFormer Konsep Masa Depan Hino di TMS 2019

FlatFormer tidak hanya memberi efisiensi lebih besar untuk mobilitas manusia dan barang, tapi juga mengembangkan mobilitas menjadi sebuah ruang dengan nilai kepada orang-orang melalui sebuah layanan.

7
7

HINO Motors Ltd (HML) turut berpartisipasi dalam ajang prestise, Tokyo Motor Show (TMS) 2019 yang baru saja berlalu.

Stand HML di Tokyo Big Sight, Aomi Exhibition, TMS, hadir membawa tema Transporting Every Happiness dengan model konsep dan animasi. Konsep ini mengekspresikan gaya hidup makmur dan berkelanjutan di masa depan.

Untuk menghidupkan stand agar menarik, Hino juga berkolaborasi dengan Sunrise, perusahaan pembuat animasi Gundam, dengan menciptakan karakter, animasi, dan film pendek.

Akan tetapi, Hino tetap memiliki tokoh sentral di stand mereka dengan penampilan utama TMS 2019 yakni FlatFormer, kendaraan world premiere yang akan mengubah konsep dari sebuah mobilitas.

FlatFormer tidak hanya memberi efisiensi lebih besar untuk mobilitas manusia dan barang, tapi juga mengembangkan mobilitas menjadi sebuah ruang dengan nilai kepada orang-orang melalui sebuah layanan.

Meskipun ada beragam layanan yang memudahkan hidup, bergerak, tetapi hendaknya penyedia layanan itu juga harus serbaguna.

Designer Future Mobility Concept di HML Yuji Sekiguchi menerangkan
elemen yang menghadirkan layanan serbaguna ini tentunya bisa menjadi kenyataan apabila sebuah platform bergerak memaksimalkan ruangan yang ada secara optimal.

Dengan FlatFormer, bahkan layanan pun menjadi bergerak, menyelaraskan metabolisme yang lama dan baru di kehidupan manusia sehari-hari.

FlatFormer secara dinamis memvitalisasi area perkotaan dan memajukan keberlangsungan masyarakat. Manusia dapat saling berhubungan satu sama lain sehingga setiap manusia dapat memperoleh kebahagiaan.

Hino FlatFormer di TMS 2019 menggunakan baterai Ion Lithium. (Dok. Hino Motors Ltd)
Hino FlatFormer di TMS 2019 menggunakan baterai Ion Lithium. (Dok. Hino Motors Ltd)
Hino FlatFormer menawarkan 'space' untuk setiap kebahagiaan. (Dok. Hino Motors Ltd)
Hino FlatFormer menawarkan ‘space’ untuk setiap kebahagiaan. (Dok. Hino Motors Ltd)

Dua karakteristik
Menurut Yuji, konsep FlatFormer adalah space. Hal ini mengubah konsep mobilitas dan mengirimkan kebahagiaan untuk tiap orang dan masyarakat.

“Ada dua karakteristik pada FlatFormer. Pertama, desainnya yang pipih dan datar. Ini memungkinkan memaksimalkan ruang yang dapat digunakan dalam layanan sebanyak mungkin serta bebas untuk membuat bentuk bodi kendaraan. Kami berusaha mengakomodasi beragam layanan,” ujarnya.

Lalu yang kedua, kata Sekiguchi, kemudahan dalam mencopot dan pasang bodi. Dengan FlatFormer, beragam bodi berbeda dapat di pasang. Artinya pelayanan yang dapat diberikan juga beragam.

Spesifikasi FlatFormer memiliki dimensi panjang 4.700mm, lebar 1.700mm dan tinggi 335mm. Tipe kemudi 6×6, dengan baterai Lithium Ion. Dengan kapasitas baterai sebesar 50 kWh, akan menghasilkan output motor 170 kW. (S-5)

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY