Dua Tim Honda Raih Podium Ajang F1 GP Brazil 2019

Kemenangan di Brazil kali ini merupakan kemenangan pertama bersejarah tim Honda sejak dicatat oleh Aryton Senna pada 1991.

1
12

DOUBLE winner diraih oleh dua tim yang didukung Honda yakni tim Aston Martin Red Bull Racing melalui pembalapnya, Max Verstappen dan satu lagi tim Red Bull Toro Rosso Honda melalui pembalapnya, Pierre Gasly.

Kedua tim papan atas tersebut berhasil meraih kemenangan pertama, dan kedua sekaligus, di ajang balap F1 Grand Prix Brazil 2019. Hebatnya lagi, kemenangan ini merupakan ketiga kalinya untuk tim Red Bull Honda sepanjang musim balap F1 tahun 2019.

Sementara bagi Pierre Gasly, raihan finis kedua ialah hasil terbaiknya saat ini. Juga hasil terbaik untuk tim Toro Rosso Honda pada musim balap F1 tahun 2019.

Technical Director Honda Racing F1 Toyoharu Tanabe menyampaikan ini ialah kemenangan pertama mereka di Brazil sejak kemenangan bersejarah yang dicatat Aryton Senna pada 1991.

“Raihan ini didukung performa agresif dan cerdas dari Max Verstappen, dan strategi yang sukses dieksekusi oleh tim,” ucap Tanabe.

Kemenangan ketiga di musim ini, menurutnya merupakan hasil yang baik bagi Honda dan Aston Martin Red Bull Racing.

Verstappen menambahkan kemenangannya merupakan hasil dari kerjasama tim yang bagus. Pertarungan sangat ketat namun selalu dapat menyusul kembali.

“Situasinya tidak mudah, tapi tim berhasil mengambil keputusan tepat. Terutama strategi mengganti ban yang mampu memberi kami kemenangan,” tandasnya.

Pimpin pole position
Jalannya balapan diawali Max Verstappen yang memimpin pole position untuk tim Aston Martin Red Bull Racing.

Meski sempat tertinggal usai melakukan pit stop, Verstappen mampu mengejar ketertinggalan dengan mengambil alih kembali posisi terdepan, dan mampu bertahan hingga finis.

Sementara itu Pierre juga mampu memperlihatkan performa apik dengan bertahan di posisi kedua hingga garis finis. Hasil tersebut merupakan podium pertama Pierre sejak berkarir di F1.

Honda menorehkan hasil juara pertama dan kedua pertama kalinya sejak terakhir kali di Grand Prix Jepang 1991 sekaligus jadi finis terbaik tim Toro Rosso sejak 2008. Hasil finis kedua di GP Brazil 2019 ini merupakan podium kedua musim balapan kali ini. (S-5)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY