Daihatsu Bangga Ranking 2 dengan Market Share 17,1%

Daihatsu berhasil menempati posisi kedua di pasar retail otomotif selama 11 tahun berturut-turut.

130
11

MEMBUKA awal 2020, Daihatsu meng-update capaian positif sepanjang 2019. Ini menjadi catatan penting tersendiri ketika Daihatsu menyisihkan para rivalnya, dan berhasil menempati posisi kedua di pasar retail otomotif selama 11 tahun berturut-turut.

Selama itu pula model Daihatsu yang mendominasi penjualan silih berganti menempati top 3 model kontributor seperti Daihatsu Xenia, Gran Max, Sigra dan Ayla.

Hal itu dikatakan Hendrayadi Lastiyoso Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation di kantor PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Jl Gaya Motor III, Sunter, Jakarta Utara, pekan lalu.

“Pencapaian tersebut tentunya juga tak lepas dari kuatnya jaringan penjualan dan purnajual Daihatsu yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Hendrayadi.

Ia menambahkan jaringan purnajual ini terus bertambah jumlahnya, seiring waktu berjalan demi memudahkan pelanggan setia mobil Daihatsu.

“Dari 35 provinsi di Indonesia, jaringan outlet Daihatsu sudah ada di 33 provinsi. Sampai akhir 2019, outlet kita berjumlah 251 di seluruh Indonesia dengan jumlah outlet VSP (vehicle, service, parts) sebesar 65%. Dengan begitu, coverage layanan penjualan dan purnajual semakin optimal,” paparnya.

Marketing Director PT ADM Amelia Tjandra menambahkan pihaknya mampu mempertahankan posisi nomor dua karena didukung tim yang melakukan ragam inovasi luar biasa serta fokus pada keamanan, kualitas, dan efisiensi produk.

“Kualitas diperbaiki untuk menjadikan produk Daihatsu semakin cocok dan sesuai bagi masyarakat Indonesia. Lalu memperbaiki efisiensi, agar Daihatsu menjadi produk best value. Selain itu, tentu dengan memperkuat jaringan outlet Daihatsu hingga ke pelosok-pelosok Indonesia,” ucapnya.

Amelia Tjandra menegaskan saat ini estimasi market share Daihatsu mencapai 17,1% meski angka itu diakuinya belumlah final.

“Bedanya sedikit banget, karena targetnya yaitu 17%. Jualan kita di Desember 2019 sekitar 18.157 unit. Dibandingkan dengan November, berarti kita naik sekitar 12%. Total penjualan Daihatsu pada 2019 secara retail mencapai 177.588 unit,” pungkas Amel. (S-5)

130 COMMENTS

LEAVE A REPLY