Teknologi CASE, Konsep Berkendara Baru Honda

Honda menampilkan teknologi terkini dalam ajang pameran teknologi CES, di Las Vegas Convention Center, AS, pada 7-10 Januari lalu.

0
6

PADA ajang bergengsi Consumer Electronics Show (CES) 2020, Honda menampilkan rangkaian teknologi berkonsep connected, autonomous, shared and electric (CASE).

Ini dilakukan untuk mendemonstrasikan teknologi terbaru, sekaligus mewujudkan visi Honda, Meningkatkan Potensi Kehidupan Melalui Mobilitas.

Dalam kesempatan ini, Honda memperkenalkan beberapa teknologi terbaru, termasuk di antaranya Safe Swarm™ yang sedang diuji sejak beberapa tahun lalu, di Honda R&D Center Ohio, Amerika Serikat.

Selama ajang pameran teknologi CES, yang berlangsung di Las Vegas Convention Center (7-10/1), Honda menampilkan teknologi terkini antara lain meliputi:

Honda Augmented Driving Concept
Sambut masa depan, Honda percaya konsumen bisa menikmati mobilitas dengan cara-cara baru yang bebas dari kewajiban menyetir.

Namun, di saat yang sama, konsumen masih ingin pengalaman, emosi dan sensasi layaknya sedang berkendara.

Melalui kemudi yang disempurnakan, Honda Augmented Driving Concept menawarkan cara baru dalam berkendara.

Dengan menepuk setir dua kali, kendaraan akan melaju. Bila setir ditarik, kendaraan melamban. Ketika setir didorong, kendaraan melaju lebih kencang.

Honda Mobility VR Experience
Simulasi teknologi untuk tahun 2035 dengan kendaraan otonom sepenuhnya. Serta menampilkan kendaraan berteknologi otonom dengan sistem sharing dan infrastuktur mobilitas di udara.

Dalam demonstrasinya, pengunjung bisa merasakan pengalaman di masa depan dengan sistem V2X yang memberi navigasi sepanjang berkendara.
Merasakan autonomous shared Mobility Pod serta sensasi lepas landas dan pendaratan dengan helikopter canggih.

‘Smartphone as Brain’ Concept
Honda bekerjasama dengan Drivemode membangun teknologi smartphone as brain yang mampu mengintegrasikan smartphone pengendara mobil maupun motor ke dalam kendaraan mereka.

Misalnya, pengendara motor dapat menghubungkan smartphone dengan motor via bluetooth sehingga pengendara dapat mengontrol smartphone mereka.

Seperti membalas pesan teks, menelepon, membaca peta, dan lainnya, menggunakan tombol di dekat gagang motor, atau lewat perintah suara.

Honda Personal Assistant Technology
Honda dan SoundHound bekerja sama menciptakan Honda Personal Assistant (HPA) yang berfungsi memenuhi kebutuhan pengendara selama di perjalanan.

Misalnya meliputi pencarian restoran atau pusat perbelanjaan terdekat, tempat parkir dan lainnya. Menggunakan kecerdasan buatan, HPA berteknologi Speech-to-Meaning™, dan Deep Meaning Understanding™.

Ini juga merespons kata-kata dari pengendara secara akurat dengan memahami konteks. Mencakup lokasi pengendara atau pertanyaan sebelumnya, menciptakan interaksi berjalan natural. Tinggal sebut kata ‘OK Honda’, teknologi ini aktif secara otomatis.

Safe Swarm™ dan ‘Smart Intersection’
Honda mempersiapkan infrastruktur mendukung teknologi otonom di masa depan melalui Honda Safe Swarm™ dan sistem prototype ‘Smart Intersection’.

Menggunakan teknologi V2X, Honda Safe Swarm memungkinkan kendaraan untuk berkomunikasi dengan kendaraan lain di sekitarnya. Saling berbagi informasi mengenai lokasi dan tingkat kecepatan.

Berbekal informasi tadi, serta didukung sensor pada mobil, pengendara maupun kendaraan dapat memperkirakan rute, atau tindakan paling aman, untuk mencegah kecelakaan dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

Perkembangan teknologi Safe Swarm akan ditampilkan, sebagai pendamping pengemudi saat berkendara. (S-5)

LEAVE A REPLY